Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Power Amplifier Sederhana Menggunakan Satu Transistor Final

Aflahsentosa.com - Cara Membuat Power Amplifier Sederhana Menggunakan Satu Transistor Final. Hallo gimana kabarnya kawan...? Saya harap lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi mengenai cara membuat power amply yang sangat sederhana tetapi bisa menghasilkan suara seperti layaknya power amply yang menggunakan banyak komponen elektronik yang di pasang.
Rangkaian power ampy ini bisa dibilang sangat sederhana, karena hanya menggunakan beberapa komponen elektronika saja, dan sebagai contoh di sini saya menggunakan Transistor TIP3055 sebagai transistor finalnya, sebuah resistor dengan ukuran 4K7 ohm, sebuah elco dengan ukuran 25 volt 2200mF, dan sebuah potensio mono ukuran 20 K sebagai tone controlnya. Dan jangan lupa pasang transistor pada pendingin / heatsink agar nantinya panas pada transistor bisa tersalurkan pada pendingin.

Cara Membuat Power Amplifier Sederhana Menggunakan Satu Transistor Final

Dalam membuat power amply sederhana ini, apabila sobat tidak mempunyai transistor final TIP3055, sobat bisa mengantinya dengan transistor final TIP41 atau 2SC5200, atau D313, atau 2SC3281 atau transistor final seri lainnya tipe NPN yang sobat punya. Dan Elco apabila sobat tidak punya seperti contoh yang saya sampaikan pada gambar di atas, sobat bisa menggantinya dengan ukuran lainnya misalnya elco 35 volt 1000mF, dan resistornyapun bisa menggunakan 1K apabila yang ukuran 4K7 tidak ada dan potensio bisa dengan 50K, 10K, mungkin bisa coba menggunakan potensio 100K, dan speakernya bisa menggunakan yang ukuran 6 inchi atau bisa coba dengan ukuran lainnya. Dalam hal ini sobat bisa eksperimen sendiri mau ganti dengan ukuran berapa dalam membuat power amply yang sederhana ini, dan perhatikan perbedaannya dari segi suara, asal pada pemasangannya tidak boleh terbalik atau salah penempatan.

Walaupun sobat bisa mengganti komponen dengan ukuran yang lainnya tentunya ya jangan terlalu besar nilainya misalnya mengganti elco dengan ukuran sampai ratusan volt atau lebih seperti elco regulator tv, karena power amply sederhana ini menggunakan tegangan 12 volt DC jadi bisa menggunakan Accu / Battery 12 volt sebagai sumber daya tegangannya. Dan jenis transistornyapun harus transistor final tipe NPN, tentunya sobat yang hobby elektronik sudah bisa mengira-ngira komponen yang sesuai dan tepat untuk membuat power amply yang sangat sederhana ini.

Pada Audio Input, bisa dihubungkan pada sumber audio seperti HP, Modul MP3/MP4 dengan menggunakan jack audio. Apabila menggunakan jack audio yang stereo, atau menggunakan contra RCA bisa dihubungkan pada output audio VCD/DVD untuk jalur L / R audio dijadikan satu, karena power amply yang saya contohkan di atas, power amply mono. Dan sumber arus tegangannya 12 volt bisa menggunakan adaptor yang sudah jadi atau accu/battery.

Apabila sobat yang hobby elektronika mau eksperiment membuat power amply yang sangat sederhana hanya dengan beberapa komponen saja, sobat bisa mencobanya dengan komponen yang ada, sobat punya yang sesuai untuk membuat power amply ini. Tidak ada larangan untuk berkreatifitas menyalurkan hobbynya asal tidak membahayakan dirinya dan sekitarnya dan juga tidak meresahkan masyarakat / lingkungan sekitar.
Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan, semoga bisa menjadi referensi sobat sesama hobby elektronika yang mau eksperiment membuat power amply sederhana. Dan semoga bermanfaat,. Aamiin


Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Cara Membuat Power Amplifier Sederhana Menggunakan Satu Transistor Final"