Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Social Distancing Cara Ampuh Menangkal Corona (Covid - 19)

Aflahsentosa.com - Social Distancing Cara Ampuh Menangkal Corona (Covid - 19). Hallo sobat gimana kabarnya...? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Tentunya kita sudah tahu dan mendengar baik itu dari berita media cetak maupun media elektronik yang memberitakan mengenai virus corona, Covid-19 dari berbagai negara, termasuk negara Indonesia, yang sudah status positif, maupun yang masih dalam pantauan/pengawasan.
Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi dan agar wabah virus corona ini tidak semakin meluas dan menjangkiti banyak orang, diantaranya adalah meliburkan sekolah, khususnya untuk daerah saya  sekolah mulai diliburkan tanggal 17 Maret 2020 sampai 30 Maret 2020 tetapi karena kondisnya belum memungkinkan untuk masuk sekolah, maka libur sekolah diperpanjang sampai 13 April 2020 mendatang.

Social Distancing Cara Ampuh Menangkal Corona (Covid - 19)

Selain meliburkan anak-anak sekolah pemerintah juga menganjukan untuk "Social Distancing" untuk semua warga Indonesia dari berbagai kalangan profesi. Tentunya sobat pasti sering dengar tentang Social Distancing belakangan ini, yaitu agar kita membatasi interaksi langsung dengan orang lain untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19 atau dengan kata lain kita diharuskan untuk di rumah #DirumahAjaDulu. Karena sangat berbahayanya Covid-19 dan sangat mudahnya menular, pemerintah melarang siapapun untuk tidak mengadakan acara yang bisa mendatangkan orang banyak, diantara hajatan pernikahan, dll. Sampai - sampai pemerintah melalui MUI mengeluarkan fatwa agar sementara waktu untuk tidak mengadakan solat jum'at di masjid dan pengajian-pengajian, sampai keadaan membaik. Seperti di daerah saya, yang sudah disamapikan / di umumkan oleh takmir masjid berdasarkan surat perintah dari MUI setempat agar pada hari ini, Jum'at tanggal 27 Maret 2020 agar tidak mengadakan solat jum'at di masjid dan di ganti solat Dzuhur seperti biasa di rumah masing-masing, sambil menunggu fatwa MUI selanjutnya.

Diantaranya Cara Ampuh Untuk Menangkal Covid-19 "Social Distancing", Adalah Sebagai Berikut :

1. Menjauhi kerumunan orang dan tinggal dirumah
2. Untuk meminimalisir kontak langsung dengan orang lain, gunakan telepon genggam/HP untuk berkomunikasi.
3. Apabila sudah terlanjur kontak langsung dengan orang/binatang piaraan, misalkan ada kerabat/teman yang datang dan bersalaman, agar segera cuci tangan dengan sabun atau menggunakan Hand Sanitizer kalau ada
4. Pisahkan peralatan mandi dan makan dengan anggota keluargamu
5. Buka jendela dan pastikan sirkulasi udara dirumah baik
6. Kerja, belajar, ibadah dan lakukan aktifitas lainnya dari rumah

Disamping dengan cara menjaga kebersihan dan meminimalisir kontak langsung dengan orang lain/binatang piaraan, sebagai manusia beragama dan beiman kita dinajurkan untuk berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memohon keselamatan dan mohon agar terhindar dan dijauhkan dari wabah / penyakit yang sedang melanda. Bagi orang muslim bisa dengan membaca Doa Perlindungan Diri Pagi dan Petang seperti Sabda Rasulullah, Doa sebagai berikut di amalkan pagi dan petang sebanyak 3 kali :

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فىِ اْلاَرْضِ وَلاَ فىِ السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعِ اْلعَلِيْمِ.
“BISMILLAHILLADZI LAA YADHURRU MA’ASMIHI SYAI’UN FIL ARDHI WA LAA FISSAMAA’I, WA HUAS SAMII’UL ‘ALIIM ”
“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala  sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi renungan kita bersama agar selalu berhati-hati dan menjaga kebersihannya. Aamiin

Posting Komentar untuk "Social Distancing Cara Ampuh Menangkal Corona (Covid - 19)"