Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Kekerasan Fisik Dalam Mendidik Anak

Aflahsentosa.com - Dampak Kekerasan Fisik Dalam Mendidik Anak. Tegas dalam mendidik anak tidak harus selalu menghukumnya secara fisik. Sebab kelembutan dan kasih saying adalah hak penuh bagi setiap anak.
Sering memukul anak ketika ia berbuat nakal dan tidak patuh perintah kita, sebaiknya hal ini dihindari. Terlalu sering mendidiknya dengan hukuman fisik akan berdampak negatif pada perkembangan dirinya. Berikut ini adalah dampak-dampaknya :

Dampak Kekeraan Fisik Pada Anak

1. Anak Yang Sering Di Pukul Akan Memiliki Perilaku Anti Sosial
Sebuah penelitian yang dilakukan selama 50 tahun di Universitas Texas dan Universitas Michigan, melibatkan lebih dari 160 ribu anak. Diperoleh hasil semakin sering anak-anak dipukul saat kecil, semakin besar kemungkinan mereka akan menentang orang tua dan menunjukkan perilaku sosial saat dewasa.

2. Anak Yang Sering Di Pukul Akan Mengalami Gangguan Kesehatan Mental
Dipukul oleh orang tua merupakan pengalaman traumatis bagi anak dan trauma menekan otak secara negatif. Mengalami stress saat menghadapi situasi sulit, dan kemampuan kognitifnya juga tidak bekerja dengan baik.

3. Anak Yang Sering Di Pukul Cenderung Memiliki IQ Rendah
Straus dan Mallie Paschall dari Universitas New Hampshire melakukan sebuah penelitian. Hasilnya, anak yang sering mendapat pukulan cenderung memiliki tingkat IQ yang rendah.

Nilai IQ Anak yang Mengalami Pemukulan :
- Anak umur 2 – 4 tahun 5 poin < dari anak-anak lain
- Anak umur 5 – 9 tahun 2,8 poin < dari anak-anak lain

4. Anak Yang Sering Di Pukul Sulit Untuk Disiplin Saat Dewasa
Pemukulan membuahkan hasil yang berlawanan dengan apa yang orang tua inginkan. Mungkin dengan memukul, orang tua ingin agar anak memerhatikan  dan berperilaku sesuai keinginan mereka. Tapi hal ini tidak merangsang anak untuk berfikir secara mandiri, anak akan cenderung berperilaku baik hanya untuk menghindari pukulan. Hal ini yang membuat anak sulit untuk disiplin saat dewasa.
Demikian, semoga bermanfaat. Dan menambah penegetahuan kita dalam mendidik anak. Aamiin