Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi TV Berwarna Suara Normal, Tetapi Gambar Pada Layar Hitam Putih

Cara Mengatasi TV Berwarna Suara Normal, Tetapi Gambar Pada Layar Hitam Putih - Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga lagi yang terbaik, dan selalu dalam lindungan Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi mengenai Cara Mengatasi TV Suara Normal, Tetapi Gambar Pada Layar Tidak Berwarna (Hitam Putih). Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya pada saat menjumpai kerusakan pada TV Sharp dengan kerusakan TV Suara normal tetapi gambar pada layar TV tidak berwarna atau Hitam Putih.

Awalnya TV kerusakannya proteck yaitu pada saat TV di hidupkan (ON) terdengar suara tiiik...tiik...tiiik atau mencuit pada TV (Bingung cara menjelaskan suara yang timbul pada saat tv dinyalakan) bagi sobat tuser mungkin sudah pernah ngalami / paham. Yang pasti pada saat TV di hidupkan muncul suara yang tidak sesuai dengan tv normal.
Feeling saya atau dugaan saya, sesuai analisa di atas, bahwa pada rangkaian TV ada komponen yang konslet. Langsung saja saya buka tutup belakang TV dan langsung saya cabut transistor horizontalnya, dan saya ukur bener dugaan saya bahwa ada komponen yang konslet yaitu transistor horizontalnya konslet.

Setelah diketahui bahwa transistor horizontalnya konslet, langsung saya ganti transistor horizontal dengan yang masih normal, dan setelah terpasang dengan baik, TV saya hidupkan (On) dan TV bisa nyala, suara normal tetapi gambar tidak berwarna atau hitam putih padahal setelan colour (warna) sudah saya atur full 100% tetap tidak muncul warnanya. Dugaan saya, ini ada yang tidak beres pada bagian kristal warna. Langsung saja saya cek pada bagian kristal warna, dan betul saja pada blog/area dekat kristal warna ada elco 4,7mF / 50 Volt yang gembung pada bagian atasnya, langsung saja elco 4,7mF / 50 Volt yang gembung pada area/blog kristal saya ganti dengan elco (condensator electrolit) yang masih normal.

Cara Mengatasi TV Berwarna Gambar Hitam Putih

Setelah elco 4,7mF / 50 Volt pada area kristal warna saya ganti, langsung saja TV saya hidupkan dan ternyata dugaan saya tidak meleset, setelah elco yang gembung pada area kristal warna saya ganti dengan yang normal, gambar pada layar TV bisa normal berwarna dan suara juga normal.


Dari uraian di atas, apabila menjumpai kerusakan TV berwarna tetapi gambar pada layar TV hitam putih, bisa lakukan pengecekan sebagai berikut :

1. Cek pada bagian / area blog kristal warna, apabila ada komponen yang dari segi fisik tidak sesuai, misalkan elco gembung seperti uaraian di atas, atau ada komponen lain yang gosong/berkarat, coba ganti komponen yang rusak/tidak sesuai.

2. Apabila tidak ditemukan, komponen yang error pada area blog kristal warna, langsung saja ganti kristal warna tv

3. Apabila setelah ganti kristal warna, gambar masih hitam putih, coba cek settingan TV pada menu warna NTSC / PAL. Untuk tv Indonesia biasanya menggunakan settingan warna PAL.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Cara Mengatasi TV Berwarna Suara Normal, Tetapi Gambar Pada Layar Hitam Putih. Semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar servis tv, dan semoga bermanfaat. aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat