Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SITUS-SITUS BERSEJARAH DI MEKAH

Aflahsentosa.com - Situs-Situs Bersejarah Di Mekah. Kota Mekah merupakan salah satu kota yang berada di Negara Saudi Arabia. Saudi Arabia Ibu kotanya di Riyadh dengan system pemerintahannya Kerajaan, mempunyai Bandara Internasional King Abdul Aziz yang berada di Jeddah. Bahasa resmi Negara Saudi Arabia bahasa Arab dengan Mata Uang Riyal.
Di Kota Mekah terdapat situs-situs bersejarah yang belum banyak diketahui oleh semua orang khususnya umat islam, walaupun mungkin sudah pernah mendengarnya tetapi belum tahu bahwa itu termasuk situs-situs yang bersejarah di Kota Mekah

Kota Mekah-eramuslim.com
.
Berikut Situs – Situs Bersejarah Yang Berada Di Kota Mekah :

1. KOTA MEKAH
Pusat kota suci umat Islam yang disebut juga sebagai Tanah Haram/Tanah Suci, karena selain muslim dilarang untuk memasukinya. Di kota Mekah terdapat Masjidil Haram dan Ka'bah atau Baitullah sebagai pusat tempat peribadatan umat Islam dalam menunaikan ibadah haji dan umrah, dan juga sebagai tempat kelahiran Rasulullah Saw.

Landmark Kota Mekah

2. MASJIDIL HARAM
Masjid tertua di kota Mekah yang dibangun oleh Rasulullah Saw., masjid ini berbentuk persegi dan dibangun mengelilingi Ka'bah. Saat ini Masjidil Haram dapat menampung lebih dari 1 (satu) juta jamaah. Masjid ini memiliki keutamaan, yaitu shalat di masjid ini lebih utama 100.000 (seratus ribu) kali dari shalat di masjid lain.

Salah satu pintu masuk Masjid Haram

3. КА'ВАН
Bangunan yang berbentuk segi empat, terletak di tengah-tengah Masjidil Haram. Pertama kali dibangun oleh Nabi Ibrahim as. Ka'bah merupakan bangunan pertama di atas bumi ini yang digunakan untuk tempat beribadah kepada Allah Swt. Dan merupakan kiblat bagi umat Islam. Ukuran Ka'bah adalah panjang: 12 m, lebar 11 m, dan tinggi 15 m.

Ka'bah

4. HAJAR ASWAD
Sebuah batu yang berasal dari Surga Terletak di sudut Ka'bah yang tidak pernah sepi dari rebutan dan kerumunan orang untuk dapat menciumnya. Sudut Hajar Aswad merupakan batas permulaan dan berakhirnya tawaf.

Hajar Aswad

5. MULTAZAM
Bagian tembok atau dinding Ka'bah yang terletak antara pintu Ka'bah dengan Haiar Aswad. Tempat ini digunakan oleh jamaah untuk bermunajat kepada Allah, setelah melakukan tawaf. Rasulullah Saw bersabda bahwa tempat ini merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa.

Multazam

6. MAQAM IBRAHIM
Batu tempat pijakan Nabi Ibrahim as ketika membangun Ka'bah dan juga untuk memanggil ummat manusia melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, jaraknya kurang lebih 8 m dari Ka'bah.

Maqam Ibrahim

7. HIJIR ISMAIL
Tempat yang sering dipakai jamaah untuk shalat sunnah. Hijir Ismail merupakan bagian dari Ka'bah yang dibatasi tembok setengah lingkaran yang disebut Al-Hatim. Shalat sunnah di sini sama halnya shalat di dalam Ka'bah.
Hijir Ismail

8. MIZAB (TALANG EMAS)
Talang untuk membuang air hujan. Pada mulanya Ka'bah tidak mempunyai atap, sehingga tidak memerlukan talang. Pertama kali Ka'bah diberi atap oleh suku Quraisy, ketika mereka merenovasinya. Mizab sekarang ini telah dilapisi dengan emas dan tampak cantik.

Mizab (Talang Emas)

9. SUMUR ZAM-ZAM
Mata air yang terdapat di dekat Ka'bah. Sejarah sumur zam-zam sangat identic dengan sejarah Nabi Ismail a.s dan ibunya Siti Hajar. Zam-zam tersebut muncul dari dalam tanah berpasir melalui hentakan kaki Ismail ketika bayi. Air zam-zam sangat banyak manfaat dan keistimewaannya. Sejak tahun 1425 H areal di atas sumur zam-zam tersebut ditutup untuk memperluas areal tawaf.

Mata Air Sumur Zam-zam

10. SHAFA-MARWAH
Dua buah bukit berjarak lebih kurang 400 m, merupakan tempat Siti Hajar bolak balik sebanyak 7 kali untuk mencarai sumber air yang akan diberikan kepada anaknya, Ismail as. Tempat tersebut merupakan salah satu rukun haji dan umrah yang merupakan proses pelaksanaan Sa'i. Kedua lokasi tersebut disebut Mas'a (tempat sa'i).

Shafa Marwah

11. MAULUD NABI
Rumah tempat kelahiran Rasulullah Saw. Beliau lahir hari Senin tanggal 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah yang bertepatan dengan 20 April 570 Masehi. Sekarang rumah tersebut dijadikan sebagai tempat perpustakaan.

Maulud Nabi

12. MA'LA
Tempat pemakaman yang terletak sekitar 650 m sebelah utara Masjidil Haram. Sejak masa Rasulullah Saw, pemakaman Ma'la dijadikan sebagai pemakaman umum bagi umat Islam kota Mekah dan sekitarnya. Di pemakaman ini antara lain terdapat kuburan istri Rasulullah Saw (Siti Khadijah binti Khuwailid), Qasim bin Muhammad (putra beliau), Abdul Muthalib (kakek beliau) dan Abu Thalib (paman beliau).

Makam Ma'la

13. MASJID JIN
Masjid ini terletak di dekat pemakaman Ma'la. Masjid jin ini ada kaitannya dengan Asbabun Nuzul Qur'an surat Jin ayat 1-2, yaitu tempat sekelompok jin yang berbai'at kepada Nabi Muhammad Saw. Sebagai Masjid Jin utusan Allah yang kemudian rombongan jin tersebut masuk Islam.

Masjid Jin


14. JABAL NUR DAN GUA HIRA
Sebuah gua yang terdapat di puncak Jabal Nur, terletak kurang lebih 6 Km sebelah utara Masjidil Haram. Di sinilah Nabi Muhammad Saw. menerima wahyu pertama yaitu Surat Al-'Alaq ayat 1-5. Untuk mendaki ke atas memerlukan waktu kurang lebih 1 jam. Gua ini hanya cukup untuk duduk 4 orang, tinggi di dalamnya setinggi orang berdiri.

Gua Hira

15. JABAL TSUR
Suatu perbukitan/gunung tempat persembunyian Rasulullah Saw. bersama- sama dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq dari kejaran orang-orang kafir sebelum hijrah ke Madinah. Jika ingin masuk ke dalam gua ini harus bertiarap dan setelah masuk hanya dapat duduk saja. Untuk mencapai Gua Tsur ini memerlukan perjalanan mendaki selama 1½ jam.

Jabal Tsur

16. JABAL RAHMAH
Jabal Rahmah adalah sebuah bukit di Padang Arafah yang di atasnya terdapat sebuah tugu. Menurut riwayat yang masyhur, setelah diturunkan oleh Allah dari surga dan terpisah dalam jangka waktu yang cukup lama, di Jabal Rahmah inilah Nabi Adam dan Siti Hawa bertemu kembali.

Jabal Rahman

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai situs-situs bersejarah di Kota Mekah semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Aamiin