Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Mainan yang Bisa Mendukung Perkembangan Anak

Aflahsentosa.com - Jenis-Jenis Mainan yang Bisa Mendukung Perkembangan Anak. Mainan untuk Mendukung Perkembangan Anak – Setiap orang tua tentunya menginginkan buah hatinya tumbuh kembang dengan baik dan sehat tentunya. Sebagai seorang anak, bermain tentunya hal yang paling ia sukai dan dapat membuatnya gembira, karena dunianya anak-anak adalah bermain. Namun permainan yang ia gunakan tentunya bukan hanya untuk sekedar bermain yang membuat ia gembira saja, melainkan permainan yang bisa sebagai media untuk belajar dan mengembangkan kecerdasannya dan juga untuk melatih kemampuan motorik si kecil.
Berikut diantaranya permainan-permainan untuk merangsang pertumbuhan dan kemampuan si kecil dalam menunjang tumbuh kembang anak :

Mainan Untuk Mendukung Perkembangan Anak

1. Puzzle Gambar
Puzzle Gambar atau biasa disebut dengan potongan-potongan gambar yang bisa di lepas dan di pasangkan kembali pada tempatnya yang sesuai dengan potongan gambar. Jadi dengan menggunakan Puzzle Gambar si kecil bisa berfikir bagaimana caranya untuk menyusun kembali potongan-potongan gambar menjadi gambar yang utuh, sehingga dapat melatih kemampuannya untuk memecahkan masalah. Selain itu puzzle juga bisa untuk melatih nalarnya, serta mengembangkan koordinasi antara otak, mata dan tangannya



2. Puzzle Huruf dan Angka
Untuk melatih anak-anak dalam mengenalkan huruf dan angka, puzzle huruf dan angka ini bisa sebagai media yang tepat, apalagi dengan puzzle huruf dan angka yang berwarna – warni bisa membuat si kecil untuk mengingat huruf dan angka.



3. Rattle
Anak-anak dalam usia sekitar 9-12 bulan paling cocok bermain dengan permainan rattle, karena mainan rattle bisa untuk mendukung perkembangan motorik anak. Selain itu mainan ini bisa melatih kekuatan dan ketangkasan otot tangan ketika si kecil/buah hati bunda menggenggam mainan rattle ini. Dan juga dengan mainan ini si kecil akan merasa senang dengan adanya suara yang dikeluarkan dari mainan ini, sekaligus untuk melatih indera pendengarannya.



4. Lego
Buah hati bunda akan merasa senang dan bisa betah ketika si kecil asyik bermain lego. Selain menyenangkan bermain lego juga bisa merangsang imajinasi dan kreatifitas anak, karena pada saat anak bermain lego anak akan berusaha menciptakan ide-ide baru dari potongan-potongan lego, kira-kira mau mau disusun/bentuk seperti apa sesuai kreatifitas dan imajinasinya. Selain itu dengan bermain lego si anak dilatih untuk bersabar dan teliti ketika menyusun lego agar bentuk/susunannya sesuai imajinasinya.



5. Rubik
Rubik bukan hanya sekedar mainan biasa, tetapi mainan ini bisa juga untuk mendukung perkembangan anak-anak. Rubik selain bisa untuk melatih kecerdasan anak, dengan mainan rubik yang berbentuk kubus, anak-anak bisa melatih kordinasi jari-jarinya dalam menyusun kotak rubik sesuai warnanya dan juga untuk melatih kesabaran anak dalam memecahkan masalah. Rubik bukan hanya di sukai anak-anak untuk mendukung perkembangan anak, tetapi juga disenangi oleh orang dewasa.



6. Boneka
Mainan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi anak-anak, terutama anak perempuan. Dan saat bermain dengan boneka kadang anak-anak bercakap-cakap atau berbicara dengan boneka, hal seperti ini kadang oleh si bunda atau orang dewasa di anggap aneh karena berbicara dengan benda mati. Justru anak-anak bermain dan berbicara dengan boneka dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan bicaranya. Karena pada saat berbicara dengan boneka, anak-anak akan mengeluarkan kata atau kalimat sesuai pemikirannya sendiri, sehingga akan melatih ketrampilannya dalam berkomunikasi.



7. Alat Musik Mainan
Dengan alat musik mainan, seperti gitar,  piano kecil, terompet, dan yang lainnya  anak-anak akan merasa gembira mempermainkan alat musik mainan ini dengan adanya suara yang di timbulkan / keluar dari masing-masing alat musik mainan ini. Dengan alat musik mainan ini si kecil bisa mengembangkan kecerdasan musikalnya, selain itu mengenalkan musik sejak dini kepada si kecil juga dapat merangsang pertumbuhan jaringan sel otaknya.


8. Magic Sand

Mainan selanjutnya untuk mendukung perkembangan anak ialah magic sand. Dengan mainan ini anak-anak bisa mengasah imajinasinya dan kreatifitasnya untuk membentuk mainan-mainan sesuai imajinasinya menggunakan magic sand yang mudah di bentuk. Selain itu dengan bermain magic sand akan merangsang syaraf motorik si kecil.


Dengan mainan-mainan di atas kita bisa mengajak anak-anak untuk bermain sekaligus belajar dalam waktu bersamaan si kecil menjadi senang, kecerdasan serta kemampuannya juga berkembang.