Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Serangan Hacker

Aflahsentosa.com – Tentunya di jaman sekarang dari kalangan anak SD bahkan sampai orang dewasa sudah mengenal jejaring sosial yang satu ini yaitu Facebook, sebuah perusahaan yang didirikan Mark Zuckenberg ini banyak sekali penggunanya baik itu untuk mencari teman, bahkan mungkin untuk mencari jodoh, karena ada juga pengguna facebook yang menikah dan menemukan jodohnya lewat facebook. Disamping itu tentunya facebook juga bisa sebagai sarana belajar atau menambah pengalaman, karena banyak informasi atau berita yang disajikan lewat facebook dan juga bisa sebagai sarana share pengetahuan maupun promosi.

Dibalik manfaat jejaring sosial semacam facebook, tentunya apabila kita kurang berhati-hati dalam memanfaatkan facebook, misalkan memposting ujaran kebencian atau yang berbau sara maupun share berita hoax bisa berdampak buruk pada diri sendiri dan bisa berurusan dengan hukum. Dan karena facebook bisa berjalan/berfungsi dengan baik harus menggunakan data atau jaringan internet, tentunya tidak menutup kemungkinan terkena serangan HACKER atau kejahatan cyber yang ingin membobol akun facebook, unutk di salah gunakan. Dan tentunya kita tidak ingin akun facebook kita di hacker oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk disalah gunakan.

Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Serangan Hacker

Agar akun facebook terhindar dari serangan hacker yang ingin membobol sistem keamanan akun facebook kita, bisa coba langkah-langkah untuk mengamankan akun facebook sebagai berikut :

1. Jangan Sembarangan Memberitahukan Email maupun Pasword Kepada Orang Lain
Apabila kita sembarangan memberitahukan email dan password akun facebook kepada sembarang orang, apabila orang tersebut tidak bisa dipercaya bisa memanfaatkan akun facebook untuk disalah gunakan. Bahkan kepada teman dekatpun juga harus berhati-hati untuk memberi tahukan mengenai password akun facebook kita, untuk menjaga kemungkinan buruk yang terjadi, karena sifat manusia kadang dikala sedang baik dengan kita pasti akan menjaga mengenai rahasia kita, tetapi apabila sedang ada masalah bisa jadi yang dulunya baik bisa menjaga rahasia bisa berubah.

2. Ganti Password Secara Berkala
Alangkah baiknya untuk menghindari kemungkinan kalau password akun facebook diketahui orang atau kita sudah memberitaukan kepada orang lain, gantilah password secara berkala sesuai keinginan jangka waktunya mau berapa bulan sekali atau beberapa bulan sekali.

3. Gunakan Password Kombinasi Angka dan Huruf
Dengan menggunakan password kombinasi angka dan huruf, kita bisa menekan adanya kermungkinan percobaan Brute Force Attack. Brute Force adalah serangan yang dilakukan untuk membobol password dengan cara mencoba setiap password sampai akhirnya menemukan password yang tepat. Peretas akan menggunakan algoritma yang menggabungkan huruf, angka dan simbol untuk menghasilkan password yang tepat, karena Brute force attack masih menjadi salah satu teknik cracking password paling populer yang dilakukan oleh para hacker untuk meretas kata sandi.

4. Setting Keamanan Sandi Menggunakan Autentikasi Dua Faktor
Autentikasi dua faktor ini ada pada pengaturan keamanan facebook, dan bisa disetting misalkan menggunakan Aplikasi Autentikasi seperti aplikasi Google Authenticator atau Duo Mobile untuk membuat kode login dan autentikasi menggunakan nomor HP

5. Jangan Sembarangan Memainkan Game atau Ramalan di Facebook
Pada saat kita memainkan game atau permainan ramalan pada facebook, kadang kita di arahkan untuk memasukkan email atau password facebook, dengan demikian tanpa kita sadari, sudah memberitahukan password sandi facebook ke sebuah aplikasi permainan/game/ramalan yang kita belum tahu keamanannya dan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan mengenai akun facebook kita, tentunya kita harus berhati-hati untuk itu.

6. Usahakan Email atau No.HP Untuk Daftar Facebook Agar Selalu Aktif
Apabila Anda lupa dengan password akun facebook anda atau password facebook Anda sudah di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, langsung saja request reset password dan pihak facebook akan mengirim link untuk me reset password facebook ke alamat email anda yang digunakan untuk mendaftar facebook, maka dari itu usahakan email selalu aktif dan jangan lupa password email anda juga, bila perlu catat dan simpan di tempat yang sekiranya aman. Dan apabila pertama daftar/membuat facebook menggunakan NO.HP usahakan juga nomor agar selalu aktif.

7. Pilih Teman facebook Untuk di Hubungi
Apabila anda tidak bisa masuk karena lupa password maupuhn karena password sudah di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Anda bisa memanfaatkan pengaturan ini apabila Anda tidak bisa masuk ke akun facebook anda. Pengaturan ini bisa anda setting pada menu keamanan dan info pada pengaturan faceebook.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai cara mengamankan akun facebook dari serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat. Aamiin

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Serangan Hacker"