Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total – Hallo apakabar sobat semua…..? semoga lagi yang terbaik dan selalu dalm lindungan-Nya. Aamiin. Jumpa lagi dengan Blog Aflahsentosa dan pada kesempatan kali ini Blog Aflahsentosa akan berbagi mengenai Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total, baik itu kipas angin yang di gantung pada  langit-langit rumah (plapon rumah), kipas angin yang ditempel pada dinding maupun kipas angin berdiri (stand fan), cara penanganannya tidak jauh berbeda apabila kipas mati total.

Pada dasarnya kipas angin yang mati total disebabkan karena tidak ada arus listrik sebagai sumber penggerak dynamo pada kipas angin yang menggerakkan baling-baling kipas. Langsung saja, kita bahas cara penanganan kipas angin yang mati total, dan kita siapkan peralatan tempurnya untuk membuka kipas angin seperti obeng plus dan minus, kunci pas, tang, solder, timah, dll. Langkahnya sebagai berikut:

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

1. Cek kabel AC menggunakan multitester, apakah ada jalur kabel listrik yang putus atau tidak, karena apabila ada salah satu jalur kabel input AC yang putus, kipas bisa mati total
.
2. Setelah cek kabel jalur AC, kabel dalam keadaan baik, langkah selanjutnya pengecekan pada saklar kipas angin menggunakan multitester, apakah masih konek dengan baik atau tidak, masih bisa nyambung berfungsi normal atau tidak.

3. Apabila pada pengecekan saklar kipas angin, saklar masih berfungsi dengan baik, langkah selanjutnya bongkar kipas angin kalau memakai capasitor, coba ganti capasitornya dengan yang baru.

4. Apabila kipas angin memakai capasitor dan capasitor sudah di ganti, tetapi kipas masih belum nyala, langklah selanjutnya bongkar casing dynamo kipas angin, biasanya ada thermo fuse yang menempel pada gulungan dynamo. Cek thermo fuse menggunakan multitester, jika masih baik, jarum multitester akan bergerak ke titik angka nol. Apabila pada pengukuran thermo fuse menggunakan multitester, jarum multitester tidak bergerak sama sekali, berarti thermo fuse rusak perlu di ganti.

5. Apabila pada langkah 4 di atas, thermo fuse masih dalam keadaan baik atau sudah di ganti yang baik, seharusnya kipas sudah bisa berfungsi dengan baik / hidup. Tetapi apabila kipas belum bisa hidup atau berfungsi, kemungkinan besar dynamo kipas rusak / terbakar. Solusinya adalah lepas dynamo dan di bawa ke tukang servis dynamo untuk di gulung ulang, atau bisa langsung ganti dynamo yang sekiranya cocok dengan kipas.

Demikian yang bisa saya bagikan, mengenai Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total, semoga bermanfaat. Aamiin