Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mengganti IC Vertical Khusus CRT TV Slim Agar IC Tidak Cepat Rusak

Trik Mengganti IC Vertical Khusus CRT TV Slim Agar IC Tidak Cepat Rusak - Hallo apa kabar sobat semua, semoga lagi yang terbaik. Aamiin. Jumpa lagi dengan Blog Aflahsentosa yang sangat sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Trik Mengganti IC Vertical Khusus CRT TV Slim Agar IC Tidak Cepat Rusak dan tidak cepat panas. Trik seperti ini bagi para master servis TV atau yang sudah senior, tentunya sudah paham betul. Dan bagi sobat yang hobby elektronik dan sedang belajar menservis TV atau masih pemula seperti saya, hehe….. tentunya pengetahuan seperti ini sangat di butuhkan untuk menambah pengetahuan agar jika suatu saat nanti menjumpai atau menangani servis TV slim yang kebetulan rusak IC vertical nya jadi sudah tahu cara mengganti IC agar tidak cepat rusak atau tidak cepat panas.

Trik Mengganti IC Vertical Agar Tidak Cepat Panas

Apabila sobat sedang menservis TV dengan CRT slim, TV merk apapun dan kebetulan yang rusak bagian vertical dan IC verticalnya yang rusak, IC harus di ganti yang baru, alangkah baiknya elco pump up juga di ganti yaitu elco di sekitar IC vertical, karena kerja mesin pada TV jenis CRT slim kerjanya lebih berat, di banding dengan TV yang bukan CRT slim atau TV biasa umumnya. Seperti yang pernah saya ketahui IC vertical LA78141 dan elco pump up 100mF 35 Volt di dekat IC vertical.

Agar IC vertical tidak cepat panas, sehingga bisa menyebabkan IC vertical cepat rusak, alangkah baiknya sebelum IC di pasang pada papan PCB, pada bagian belakang IC yang nantinya menempel pada pendingin, kalau ada dikasih atau di olesi pasta / termal terlebih dahulu. Manfaat dari IC vertical sebelum pemasangan diolesi pasta (termal) agar mempercepat ataupun memperlancar aliran panas dari IC menuju heatsink atau pendingin, jadi panas pada IC vertical tersebut bisa cepat tersalurkan pada pendingin sehingga IC tidak cepat panas/terlalu panas.
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Trik Mengganti IC Vertical Khusus CRT TV Slim agar IC tidak cepat rusak/panas. Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama khususnya sobat yang hobby oprek TV dan semoga bermanfaat. Aamiin