Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi TV Layar Buram Dan OSD Menu Gelap

Cara Mengatasi TV Layar Buram Dan OSD Menu Gelap - Hallo apa kabr sobat semua...? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Alloh SWT. Aamiin. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengatasi TV yang layarnya buram (kurang jelas) dan cenderung warna tertentu yang lebih dominan, misalnya warna merah, keunguan, dsb.
Kasus TV seperti ini pernah saya jumpai, yaitu TV merk cina dengan gejala saat TV dinyalakan/dihidupkan pada layar TV gambarnya kurang jelas, layar TV kelihatan buram, dan saat pencet menu tampilan OSD menu / tulisan menu yang sharusnya tulisannya warna hijau menjadi waran hitam padahal untuk pengaturan Brighnest sudah full, Contrast dan Warna juga sudah ada lebih dari angka 50.

Bagi yang sudah master dalam bidang servis TV permasalahan seperti di atas bukanlah persoalan yang sulit, karena sudah paham betul bagian mana yang mau di oprek / dilakukan pengecekan. Tetapi bagi sobat yang sedang belajar servis TV seperti saya dan kebetulan menjumapai kasus TV seperti ini tentunya bisa membuat bingung. Apabila sobat ada yang menjumpai kerusakan TV seperti yang saya sampaikan di atas coba lakukan langkah-langkah sebagai berikut, yang sudah saya praktekkan.
Cara Mengatasi TV Layar Buram dan OSD menu Gelap


1. Penyetelan Flyback
Apabila menjumpai kasus TV seperti di atasc, coba stel flyback pada bagian screen, barangkali saja karena TV sudah lama jadi kekeuatan flyback juga sudah menurun sehingga bisa mengakibatkan stelan screen yang tadinya normal menjadi berkurang yang mengakibatkan layar menjadi suram karena kurangnya pencahayaan pada screen.

2. Solder Ulang Bagian RGB
Apabila langkah pertama diatas penyetelan flyback belum berhasil, coba solder ulang TV khusunya pada bagian RGB. Bisa jadi karena ada solderan yang sudah retak/tidak kuat pada rangkaian RGB sehingga menyebabkan arus untuk mensuplay tegangan RGB pada bagian transistor RGB maupun heater tidak sempurna, sehingga menyebabkan layar pada TV menjadi suram / tidak jelas.

3. Penggantian Transistor RGB
Apabila pada langkah pertama dan kedua tetap tidak berhsil, untuk tahap selanjutnya coba ganti semua transistor RGB, untuk TV merk cina biasanya menggunakan 3 transistor RGB.

Pada kasus TV yang saya alami seperti kasus yang disampiakan di atas, saya lakukan langkah pertam dan kedua di atas, bisa berhasil yaitu layar TV bisa lebih jelas dan tulisan OSD menu berwarna hijau kelihatan tidak berubah menjadi hitam, tetapi TV baru dinyalakan beberapa menit dan saya kira sudah jadi, TV lalu saya tutup. Setelah TV saya tutup, tutup belakang TV saya sekrup lagi dan TV kembali saya nyalakan, weladalah.... TV kembali lagi seperti semula yaitu layar kembali suram, gambar tidak jelas pada layar TV dominan warna tertentu dan kebetulan yang saya alami dominan warna keunguan. Karena TV belum normal, saya buka lagi tutup belakang TV, tanpa fikir panjang lagi transistor RGB yang jumlahnya ada 3 saya ganti semua, yaitu transistor C2482 saya ganti semua. Dan setelah transistor RGB C2482 saya ganti semua, Alhamdulillah TV menjadi normal kembali, layar menjadi lebih terang, gambar jelas tidak suram. TV saya tutup dan saya nyalakan kembali tetap masih bagus sampai sekarang.
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai pengalaman saya, semoga bisa bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat