Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone Responnya Lambat

Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone Responnya Lambat - Smartphone saat ini sudah berbeda jauh dengan smartphone jaman dahulu. Dulu pertama saya mempunyai HP sekitar tahu 2003 merk SIEMEN C25 antena masih menonjol itupun HP hanya bisa untuk telepon dan SMS, terus berkembang lagi dengan nada dering polyphonic, dan masih menggunakan keypad untuk navigasi pengaturan menu maupun telepon dan SMS, hingga HP berkamera, technologi jaringan 3G, 4G sampai sekarang sudah lebih canggih lagi, untuk navigasi pengaturan menu pada HP maupun pencet angka-angka telepon dan SMS sudah lebih canggih lagi menggunakan technologi Touchsreen, walaupun masih ada HP yang menggunakan keypad.

Untuk saat sekarang HP pintar / Smartphone sudah hampir semua menggunakan Technologi Touchscreen sebagai navigasi untuk menjalankan smartphone. Dengan menggunakan Touchscreen kita bisa lebih mudah dalam menjalankan navigasi menu pada smartphone. Walaupun demikian, yang namanya technologi pasti ada kekurangan/kelemahannya, begitu juga dengan technologi touchscreen pada smartphone, yaitu terkadang touchscreen tidak bisa merespon perintah kita dengan kata lain tidak bisa berfungsi apapun ketika layar HP/smartphone kita sentuh. Apabila hal ini terjadi, biasanya ada beberapa factor yang menyebabkan touchscreen pada smartphone tidak bisa berfungsi, diantaranya smartphone kelebihan aplikasi hingga menyebabkan lemot karena ruang penyimpanannya hampir penuh, sedangkan kapasitas RAM kecil/sedikit, maupun LCD nya retak.
Berikut ini saya bagikan trik untuk mengatasi touchscreen smartphone yang tidak berfungsi, walupun tidak bisa menjamin akan berhasil, tetapi setidaknya sudah mencoba dulu sebelum memutuskan smartphone yang tidak berfungsi touchscreen nya.

Cara mengatasi Touchscreen Smartphone Error
1. Atur Calibration dan Sensitivitasnya
Apabila touchscreen smartphone masih bisa merespon walupun lambat, coba atur calibration dengan caranya buka menu Setting > Display > Calibration. Dan layar biasanya Blank Putih, selanjutnya Klik layar untuk Kalibrasi dan ikuti petunjuk yang ada sampai proses kalibrasi selesai. Dan juga cek berapa sensitivitasnya dengan cara tekan kode *#*#2664#*#*. Nantinya akan terbaca berapa nilai sensitivitasnya.

2. Restart Smartphone
Apabila touchscreen masih bisa merespon walaupun lambat, coba lakukan restart atau matikan smartphone sekitar beberapa menit. Apabila batrainya terpasang sendiri tidak tertanam dengan body smartphone, coba lepas dulu batrainya, selanjutnya pasang kembali batrainya.

3. Factory Reset
Apabila cara pertama dan kedua di atas tidak berhasil, touchscreen pada smartphone responnya masih lambat, kalau mau bisa coba cara Factory Reset sebagai cara terakhir untuk mengatasi touchscreen yang responnya lambat pada smartphone/HP android.
Apabila smartphone masih bisa di buka menu-menunya walaupun responnya lambat, bisa lewat menu pada smartphone apabila mau Factory Reset. Tetapi apabila smartphone tidak bisa nyala/menunya tidak bisa (tidak bisa merespon), salah satu jalan kalau mau Factory Reset harus dengan cara Hard Reset sesuai merk dan type smartphone.

Sebelum lakukan Factory Reset, alangkah baiknya data-data yang ada pada memory internal smartphone kalau bisa di pindah dulu ke memory eksternal, karena apabila melakukan Factory Reset data yang tersimpan pada memory Internal akan terhapus seperti awal pertama membeli smartphone. Tetapi data yang tersimpan pada memory eksternal tidak hilang.
Ketiga cara di atas bisa jadi tidak akan berhasil, apabila kerusakan pada LCD sudah sangat parah atau pada bagian hardware nya misalnya layar touchscreenya yang sudah rusak perlu diganti.

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat