Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikan Ampere Trafo Dengan Mudah

Cara Menaikan Amper Pada Trafo Dengan Mudah – Hallo apa kabar sobat semua…? Semoga lagi yang terbaik. Selamat datang di Blog Aflahsentosa, untuk kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai cara menaikkan amper pada trafo dengan mudah. Mungkin sobat yang hobby di bidang elektronik dan suka merakit rangkaian elektronik misalnya merakit power ampli dan power ampli rakitannya agar suara yang dihasilkan / dikeluarkan bagus dan bass nya kuat, bisa maksimal membutuhkan kuat arus trafo 10 ampere dan tegangan yang dibutuhkan untuk mensuplay power ampli 32 volt. Apabila sobat belum mempunyai trafo 10 ampere, tetapi sobat sudah mempunyai 2 buah trafo 5 Ampere, atau sobat juga belum mempunya trafo yang 5 Amper dan mau beli trafo 5 Ampere, dengan menggunakan trafo 5 Ampere 2 buah sobat bisa dengan mudah menaikkan trafo yang tadinya 5 Ampere menjadi 10 Ampere.
Untuk menaikkan amper pada trafo 5 Ampere menjadi 10 Ampere, sobat perlu persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sebagai berikut :

1. Trafo 5 Ampere CT 2 Buah
2. Dioda Kiprok / Bridge 2 Buah
3. Elco 2 sampai 4 Buah atau bisa lebih

Apabila sobat sudah mempersiapkan semua bahan-bahannya, langkah selanjutnya merakit trafo 5 Ampere dengan komponen lainnya agar menjadi 10 ampere, caranya sebagai berikut :

1. Jumper pada bagian primer trafo yaitu pada inpu AC pin 0 Volt dan 220 Volt, yaitu hubungkan pin 0 Volt pada trafo satunya ke pin 0 Volt pada trafo satunya lagi dan juga hubungkan pin 220 Volt pada trafo satunya ken pin 220 Volt pada trafo satunya, yang nantinya pin 0 Volt dan 220 Volt di hubungkan pada sumber listrik AC

2. Hubungkan pada bagian sekunder / output trafo, misalkan yang mau digunakan tegangan 32 Volt maka, hubungkan kedua tegangan 32 Volt dari output trafo satunya menuju dioda Kiprok / Bridge satunya dengan simbol AC dan hubungkan juga kedua tegangan 32 Volt dari output trafo yang satunya lagi menuju ke dioda Kiprok / Bridge yang satunya lagi dengan simbol AC.

3. Jumper pin CT pada trafo satunya ke pin CT pada trafo yang satunya lagi

4. Langkah selanjutnya hubungkan kutub Minus (-) pada dioda Kiprok / Bridge satunya ke kutub Minus (-) pada dioda Kiprok / Bridge satunya lagi dan juga hubungkan kutub Plus (+) pada dioda Kiprok / Bridge satunya ke kutub Plus (+) pada dioda Kiprok / Bridge satunya lagi

5. Apabila menggunakan 2 buah ELCO langkah selanjutnya gabungkan kaki Negatif (-) elco satunya dengan kaki Positif (+) elco yang satunya lagi, setelah kedua kaki negatif dan positif dari kedua elco terhubung (disatukan) langkah selanjutnya, hubungan kaki elco yang disatukan tadi pada pin CT kedua trafo yang sudah di jumper.

6. Langkah selanjutnya hubungkan kutub negatif pada dioda Kiprok / Bridge yang sudah di jumper tadi menuju kaki negatif pada elco satunya dan hubunglan kutub positif pada dioda Kiprok / Bridge menuju kaki positif pada elco yang satunya lagi. Apabila sobat mau menggunakan 4 buah elco, sobat tinggal menambahkan elco dan disusun seperti pada langkah 5 diatas dan untuk bagian tegangan output kaki-kaki elco posistif dengan positif, negatif dengan negatif.

Cara Menaikkan Ampere Trafo

Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di atas. Dengan cara di atas sobat bisa memperoleh ampere yang lebih besar yaitu 10 Ampere dengan menggunakan trafo 5 ampere, dengan demikian diharapkan bisa menghasilkan kuat arus yang maksimal sesuai dengan kebutuhan power ampli. Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat. Aamiin