Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kerusakan Standby Pada TV Cina (B+ Normal)

Cara Mengatasi Kerusakan Standby Pada TV Cina – Hallo apa kabar sobat semua…? Semoga dalam keadaan yang terbaik. Aamiin. Pada kesempatan kali ini Blog Aflahsentosa akan berbagi mengenai Cara Mengatasi Kerusakan Standby Pada TV Cina. Bagi sobat tuser khususnya tukang servis TV yang sudah master / berpengalaman tentunya  sudah paham betul cara mengatasi kerusakan-kerusakan berbagai merk TV, sudah tahu bagian mana saja yang mau di “oprek” dan komponen-komponen apa saja yang harus dilakukan pengecekan.

Tetapi bagi sobat yang hobby elektronik dan sedang dalam belajar cara memperbaiki TV seperti saya hehe…. Tentunya, membutuhkan ilmu pengetahuan mengenai cara memperbaiki TV, contohnya kasus TV seperti di atas. Apabila sobat yang masih dalam tahap belajar / masih pemula terjun ke bidang servis TV kadang belum banyak pengalamannya. Seiring dengan berjalannya waktu dan sering menjumpai ataupun menangani jenis kerusakan-kerusakan TV, maka secara otomatis akan dapat pengalaman dan naluri seorang tekhnisi akan muncul apabila menjumpai kerusakan TV dengan berusaha menyelesaikan masalah dalam mengatasi kerusakan TV yang sebelumnya belum tahu/belum pernah mengatasi dengan cara bertanya kepada sesama teman tuser maupun cari tahu lewat internet.
TV Cina Kerusakan Standby

Berikut langkah-langkah apabila menjumpai kerusakan standby pada TV cina, padahal tegangan pada B+ di ukur tegangannya normal. Bagi pemula yang terjun ke servis TV dan belum pernah menjumpai kerusakan TV seperti ini sebelumnya, tentunya apabila menjumpai masalah seperti ini, yang di oprek dulu pasti pada bagian regulatornya / PSU. Tetapi bagi yang sudah master dan sudah tahu ilmunya, apabila menjumpai kasus kerusakan seperti ini bisa di kerjakan sambil dengan tenang sambil ngopi….hehe.

Apabila sobat menjumpai TV cina dengan kerusakan standby dan pada tegangan B+ normal, coba cek  tegangan 5 volt pada tuner, karena pada TV cina tegangan ini harus ada. Apabila pada tuner tegangan 5 Volt tidak ada bisa menyebabkan TV Standby walaupun tegangan B+ normal/ada.

Apabila tegangan 5 Volt pad tuner tidak keluar coba cek transistor kecil kembar C2383, karena hampir pada TV cina untuk tegangan 5 Volt pada tuner berasal dari transistor C2383. Biasanya pabila transistor 2383 di ganti bisa langsung normal/cling. Dan apabila transistor 2383 sudah di ganti tetapi tegangan drop/belum normal biasanya diode zener pada bagian Basis transistor 2383 mengalami error, walaupun kadang dicek normal, krn sering terjadi seperni ini, coba langsung ganti diode zener. Setelah ganti transistor 2383 dan zener biasanya tegangan 5 Volt pada tuner bisa normal, dan TV bisa nyala.
Demikian, semoga bermanfaat. aamiin