Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Memperbaiki TV Mati Total

Langkah Mudah Memperbaiki TV Mati Total - Hallo sobat apa kabar..? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.
Jumpa lagi dengan blog Aflah Sentosa. Untuk kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai cara mengatasi TV mati total dengan langkah-langkah mudah dalam mengecek bagian-bagian utamanya. Namanya saja sudah mati total jadi, lampu power pun sama sekali tidak menyala, berbeda dengan TV mati proteck kadang lampu power masih ada yang menyala, hanya saja ada komponen yang proteck jadi TV tidak bisa nyala.

Langkah Mudah Mengatasi TV Mati Total

Berikut Langkah-langkah mengecek bagian-bagian TV mati total :

1. Pengecekan menggunakan multitester pada posisi switch x1, x10, x1k pada kabel Jack AC yang terhubung langsung ke stop kontak listrik. Apabila salah satu kabel atau semuanya ada yang putus arus listrik tidak bisa masuk pada rangkaian TV, sehingga TV mati total.

2. Apabila kabel Jack AC baik, pengecekan selanjutnya pada Saklar TV, menggunakan multitester pada posisi switch x1, x10, x1k pada posisi saklar ON. Apabila di ukur menggunakan multitester ada salah satu jalur saklar atau kedua jalur tidak nyambung maka arus tidak bisa masuk pada rangkaian TV, sehingga TV mati total.

3. Apabila kabel Jack AC baik, dan Saklar juga baik, pengecekan selanjutnya pada Fuse menggunakan multitester pada posisi switch x1, x10, x1k. Apabila Fuse putus juga bisa menyebabkan TV mati total, karena arus yang masuk terputus, tidak masuk ke rangkaian TV, sehingga TV mati total

4. Apabila pada langkah 1, 2 dan 3 semua dalam keadaan baik, langkah selanjutnya pengukuran tegangaan 300 Volt, menggunakan multitester pada posisi switch DCV 500, pada ELCO Pertama elco yang paling besar ada yang 150mF/450 Volt. Pada pengukuran ini harus di dapat tegangan sekitar 300 Volt. Apabila tidak ada tegangan ataupun tegangan terlalu kecil, pengecekan pada resistor dan dioda, yang jalurnya apabila di urut dari arus input AC melalui fuse di urut jalurnya menuju Elco pertama tadi. Pengecekan Resistor dan Dioda menggunakan multitester pada posisi switch x1, x10, x1k.

5. Apabila pada langkah ke 4 tegangan ada / normal sekitar 300 Volt pada elco pertama, pengukuran selanjutnya pada bagian Colector terhadap Emitor pada Transistor Regulator, menggunakan multitester pada posisi switch DCV 500. Pada pengukuran ini harus di dapat tegangan sekitar 300 Volt. Apabila tidak ada tegangan / tegangan terlalu kecil, kemungkinan Transistor Regulator rusak, sehingga arus tidak bisa masuk dengan normal pada rangkaian TV.

6. Apabila pada langkah ke 5 pada pengukuran transistor regulator Colektor terhadap Emitor tidak ada tegangan/tegangan terlalu kecil, coba cabut transistor regulator dan ukur menggunakan multitester pada posisi switch x1, x10, bisa jadi transistor konslet/putus. Apabila transistor sudah di cabut dari PCB, coba ukur kembali pada titil Colector terhadap Emitor seperti tadi. Pada pengukuran ini harus ada tegangan 300 Volt, krn transistor sudah di cabut.

7. Apabila pada langkah 5 terdapat tegangan 300 Volt dan transistor baik, pengukuran selanjutnya pada Elco ke Dua, paling besar ke dua yaitu biasanya ukurannya ada yang 150mF/160Volt ada juga 220mF/200Volt. Pada langkah ini mengukur tegangan 115 Volt menggunakan multitester pada posisi switch DCV 250. Apabila tidak ada tegangan 115 Volt atau tegangan terlalu kecil ada komponen-komponen seperti resistor, dioda, transistor yang menuju ke elco ke dua ada yang rusak. Seperti pengalaman yang saya alami menjumpai TV mati total di sebabkan  Elco ke dua yaitu 220mF/200 Volt kondisi kering plastik pembungkus elco mengkerut dan Elco 1000mF/25 Volt juga kering pada bagian atasnya menonjol. Gambar di bawah Elco-elco yang saya ganti.


Setelah Elco 220mF/200 Volt dan Elco 1000mF/25 Volt di ganti, Alhamdulillah TV bisa nyala normal, gambar, warna, dan suara normal. Demikian semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar servis TV dan semoga bermanfaat. Aamiin