Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Komputer Tidak Bisa Hidup/Nyala

Komputer tidak bisa nyala

Mengatasi Komputer Tidak Bisa Hidup - Pada kesempatan kali blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai cara mengatasi computer yang tidak bisa di hidupkan atau tidak bisa di nyalakan. Apabila sobat menjumpai computer sobat tidak bisa hidup/nyala, sebelum sobat membawanya ke tukang servis computer, coba sobat cek atau ketahui dulu beberapa kemungkinan penyebab computer tidak bisa hidup/nyala. Karena kadang penyebab computer tidak bisa nyala/hidup, penyebabnya sangat sepele. Jika jika sobat sudah tahu penyebabnya dan bisa mengatasi sendiri, jadi tidak perlu komputernya di bawa ke tukang servis computer, dengan demikian bisa menghemat anggaran.
Berikut kemungkinan penyebab komputer tidak bisa nyala/hidup dan solusi untuk mengatasinya:

KEMUNGKINAN PENYEBAB :
1. Power Power Suply Rusak
2. Memory Utama Tidak Tepat Pada Kedudukannya Atau Rusak.
3. Processor Rusak
4. Maiboard Rusak

Apabila sudah mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyebab computer tidak bisa hidup atau nyala, kita coba melakukan pengecekan pada bagian-bagian power supply mulai dari kabel AC, saklar, dan pada bagian mainboardnya. Dari kemungkinan penyebab yang telah saya sampaikan di atas, saya akan coba berbagi solusinya, barangkali saja bisa membantu, berikut solusinya :

1. Bila lampu indikator pada main unit mati, periksa hubungan kabel power, kondisi kabel power, stavol atau UPS dengan cara mencoba menghubungkan pada monitor.

2. Selanjutnya perhatikan kinerja power supply,   kemungkinan kerusakan pada saklar on/off sangat kecil, namun tidak ada  salahnya  periksa  juga  tombol tersebut. Jika tidak ada masalah, maka kemungkinan    lain yaitu pada Mainboard -nya. 

3. Coba   anda   lepas   kabel   power / kabel AC, kemudian  pasang  kembali  dan  coba hidupkan komputer. Perhatikan setiap tanda-tanda  power  supply  bekerja walau  sejenak  misalnya  fan yang bekerja saat kabel power ditancapkan atau saat mencoba menekan tombol on/off  pertama kali.  Jika  terdapat tanda-tanda  tersebut,  maka  power supply masih bekerja. Kita juga bisa mencoba Mengecek Power Supply atau PSU Tanpa Komputer / CPU

4. Lanjutkan dengan memeriksa mainboard. Coba periksa kemungkinan pemasangan  komponen  yang kurang benar, terutama komponen SIMM RAM  dan  mikroprosesor.  Bila perlu bisa mencoba mengganti  komponen tersebut  untuk  memastikan  bahwa kerusakan ada pada mainboard atau kedua komponen tersebut.

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat