Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi TV LCD TOSHIBA Mati Total

TV LCD Toshiba Mati Total

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai cara mengatasi TV LCD Toshiba 32" model  32PB2E mati total. Dan kebetulan ini pernah saya alami beberapa hari yang lalu, kata yang punya TV, sudah lama TV tidak di nyalakan, begitu mau di hidupkan atau dinyalakan TV LCD Toshiba sudah tidak bisa nyala sama sekali. Langsung saya coba nyalakan, memang benar TV tidak nyala / hidup, padahal saya cek kabel AC nya normal. Langsung saja tutup belakang saya buka dan saya cek bagian jalur input AC dan pada sekring pertama aman tidak putus. Pengecekan berlanjut pada sekring (Fuse) yang ke dua setelah trafo pertama, dan di situ pada pengecekan fuse ternyata fuse putus. Setelah fuse saya ganti dengan yang normal, TV langsung saya nyalakan ternyata TV LCD Toshiba belum bisa nyala / hidup, malah saat TV di nyalakan NCB meter listrik anjlog/jeglek ke posisi nol. Padahal saya sudah berfikir TV LCD Toshiba tidak bisa nyala karena hanya fuse / sekringnya yang putus.

Karena setelah ganti fuse/sekring, TV saat di nyalakan malah konslet, NCB meter listrik jeglek, saya berfikir ini biasanya ada dioda, transistor maupun STR dan komponen yang lainnya ada yang konslet. Saya langsung ambil inisiatif untuk langsung ganti STR, karena stok STR di tempat saya tidak ada, saya langsung berangkat beli ke toko elektronik, dan kebetulan ada STR yang saya cari yaitu STR W6052S dengan harga yang cukup terjangkau Rp. 27.500.

Dan setelah dapat ganti yang baru STR W6052S, langsung saja STR saya ganti, dan setelah ganti STR saat TV di nyalakan listrik tidak konslet lagi, NCB meter listrik sudah tidak jeglek lagi, tetapi TV LED Toshiba belum juga mau nyala. Lanjut pengecekan pada bagian dioda outputnya, ternyata pada pengecekan dioda, ditemukan ada satu dioda yang konslet. Dan setelah dioda yang konslet tadi saya ganti TV bisa nyala.

PSU TV LCD Toshiba model 32PB2E
Gambar di atas komponen-komponen pada PSU TV LCD Toshiba model 32PB2E yang saya ganti. Sebenarnnya masih banyak komponen-komponen penyebab TV LCD Toshiba Mati Total, pada bagian PSU dan kebetulan komponen-komponen itu yang saya temukan penyebab dari TV LCD Toshiba Mati Total. Demikian semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi sobat semua yang sedang belajar servis TV LCD seperti saya, yang juga masih belajar