Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATASI TV POLYTRON 123 SAAT DI NYALAKAN NCB LISTRIK ANJLOK


Hallo sobat, apa kabar…? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara mengatasi TV Polytron 123, apabila saat TV di nyalakan, listrik rumah langsung padam atau NCB pada meter listrik anjlok pada posisi NOL, itu disebabkan pada rangkaian TV khususnya bagian regulator bagian input AC ada komponen yang konslet,  menyebabkan arus pendek sehingga menyebabkan NCB pada meter listrik anjlok pada posisi NOL agar tidak terjadi kebakaran akibat konsleting listrik, sehingga listrik di rumah menjadi mati/padam.

Kasus TV seperti ini yaitu saat TV di nyalakan, listrik langsung konslet atau NCB meter listrik anjlok pernah saya jumpai, kata yang punya TV, pernah TV nya di bawa ke tempat servis lain dengan keluhan seperti yang saya sampaikan di atas, setelah di perbaiki tukang servis lain TV bisa nyala normal NCB meter listrik tidak anjlok, tetapi baru beberapa hari kata yang punya TV, TV rusak lagi dengan kerusakan yang sama lalu di bawa lagi ke tukang servis yang tadinya memperbaikinya dan di tarik biaya tambahan lagi, mungkin tidak tuser nya tidak ngasih garansi sehingga baru beberapa hari TV rusak lagi dengan kerusakan yang sama, maka harus bayar lagi. Setelah di bawa ke tukang servis lagi yang semula memperbaikinya TV kembali normal lagi dan di bawa pulang, lagi-lagi kata yang punya TV, TV rusak lagi dengan kerusakan yang sama yaitu saat TV di nyalakan NCB meter listrik langsung anjlok.

Karena sudah 2 kali TV di bawa ke tukang servis yang sama, dengan kerusakan yang sama, hasilnya kurang memuaskan karena baru beberapa hari TV kembali rusak dengan kerusakan yang sama, lalu TV nya yang rusak tadi di bawa ke tempat saya untuk di perbaikinya dengan harapan saya bisa memperbaikinya dan bisa tahan lama. Dan setelah TV saya buka, saya cek bagian pada blog regulator TV pada bagian input AC nya, ternyata ada komponen yang konslet yaitu Transistor Regulatornya dengan nomor seri 7N65C saya ukur menggunakan multitester ternyata konslet, langsung saja saya ganti transistor yang konslet dengan nomor seri yang sama. Setelah saya ganti transistor regulator yang rusak/konslet tadi dengan yang normal, TV coba saya nyalakan dan jeglek….. NCB listrik masih jeglek listrik rumah langsung padam krn msh terjadi konslet.

Karena belum berhasil, saya cek  dioda kuprok nya barangkali konslet juga, ternyata masih baik, karena dioda kuproknya masih baik pengukuran/pengecekan pada komponen lainnya yaitu pada NTC, ternyata setelah NTC saya lepas dari PCB saya cek/ukur menggunakan multitester ternyata NTC KONSLET, langsung saja NTC saya ganti dengan yang masih normal, dan transistror regulator yang saya ganti konslet lagi, saya ganti lagi dengan yang normal. Setelah Transistor Regulator yang rusak/konslet saya ganti dan NTC yang konslet juga sudah saya ganti, TV coba saya nyalakan, dan cess… TV BISA NYALA dengan normal, NCB meter listrik TIDAK anjlok. Gambar di bawah ini komponen yang saya ukur dan yang saya ganti transistor regulator dan NTC:

Kesimpulan dari permasalahan TV spt yang saya sampaikan di atas yaitu kerusakannya pada bagian regulator TV pada bagian input AC pada komponen yang terhubung langsung dengan input arus AC, terutama pada komponen IC/STR/transistor regulator, Dioda awal yang terhubung ke arus AC, dan NTC, seperti gambar di atas.
Agar tidak terjadi seperti yang saya alami baru cek satu komponen saja yaitu transistor regulatornya yang rusak saja, langsung saya ganti ternyata masih ada komponen lagi yang konslet yaitu NTC, sehingga transistor regulator yang saya ganti jadi konslet lagi. Alangkah baiknya apabila menjumpai kerusakan TV seperti di atas, kita ukur dahulu komponen-komponen vital yang berhubungan langsung dengan arus input AC spt komponen di atas, atau komponen lainnya. Apabila sudah ketemu komponen-komponen mana saja yang rusak/konslet baru lakukan penggantian komponen dengan yang baru/normal.

Demikian, semoga bisa bermanfaat. Apabila ada salah penulisan komponen atau kurang bisa di pahami kalimatnya, dan yang lainnya mohon masukannya bisa melalui kolom komentar di bawah artikel ini, atau bisa hubungi langsung admin melalui Contact Us, terimakasih

Posting Komentar untuk "CARA MENGATASI TV POLYTRON 123 SAAT DI NYALAKAN NCB LISTRIK ANJLOK"