Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Komputer

Di masa sekarang, Wireless Fidelity (Wi-Fi) telah menjadi salah satu kebutuhan utama. Dan bahkan WiFi sekarang bukan hanya di perkotaan saja, namun di pedesaan mulai dari kantor Desa, SD, bahkan perseorangan maupun gabungan sudah banyak yang memasang WiFi. Di era yang serba online seperti berjualan/pembelian secara online, pemesanan tiket online, pendaftaran sekolah/kerja secara online dan bahkan sekarang ini bisa belajar secara online. Dari sekian banyaknya kegiatan secara online tentunya butuh koneksi internet dengan WiFi yang lancar. Namun, seringkali koneksi internet tidak berjalan lancar, sehingga membuat kesal.

Berikut Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan PC

1. Coba Lakukan Network Reset dan Flushing DNS
Flush DNS digunakan untuk mereset cache DNS client (komputer) yang sedang digunakan untuk menyesuaikan informasi dari perubahan yang terjadi pada suatu domain, name server, DNS dengan data baru. Jika kamu melakukannya, biasanya akan mengatasi masalah koneksi internet yang tidak stabil.

Cara Reset Network dan Cara Flushing DNS :
- Buka Command Prompt dengan klik kanan, dan pilih Run As Administrator.
- Ketikkan ipconfig /flushdns lalu pencet Enter pada keyboard.
- Setelah selesai, ketikkan ipconfig /renew lalu Enter.
- Tutuplah Command Prompt dan cobalah mengakses internet.

2. Pilih Tempat dengan Sinyal WiFi yang Kuat
Salah satu hal penting sebagai cara mempercepat koneksi WiFi adalah memastikan komputer kamu mendapatkan sinyal yang optimal. Lokasi WiFi merupakan salah satu hal krusial yang jadi faktor penentu. Pastikan untuk mempertimbangkan hal-hal berikut untuk sinyal WiFi yang lebih baik:

- Hindari meletakkan router di tempat yang terhalang tembok atau besi.
Kamu bisa menggunakan repeater, alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi dan memancarkannya kembali, sebagai salah satu cara mempercepat koneksi WiFi. Tempatkan pada daerah yang minim sinyal WiFi.

- Jauhi peralatan-peralatan yang menggunakan Bluetooth atau microwave baik dari router maupun komputer. Sinyal peralatan-peralatan tersebut akan menganggu kinerja sinyal WiFi.

3. Mengubah Pengaturan QoS
Bagi pengguna komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, Windows secara default mengalokasikan 20% bandwidth untuk kebutuhan Windows Update, dan 80% bandwidth yang tersedia untuk internet kamu. Sehingga salah satu cara mempercepat koneksi WiFi yang bisa kamu coba adalah mengatur penuh lebar pita untuk internet kamu.

Caranya, sebagai berikut:
- Klik Start > Run > ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip).
- Klik menuju Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates.
- Klik Network kemudian QoS Packet Scheduler.
- Klik dua kali (double click) pada Limit Reservable Bandwidth.
- Klik menu Enable. Setelah itu isikan nilai 0 pada bandwidth limit.
- Klik Apply.
- Restart komputer.

4. Mengatur IRPStackSize Lebih Tinggi
Cara meningkatkan koneksi WiFi lainnya adalah dengan mengatur IRPStackSize lebih tinggi. Jika kamu meningkatkan nilai ini, maka kamu akan bisa memperoleh kecepatan Internet yang lebih optimal. Secara default, nilai IRPStackSize ini adalah 15, padahal nilai ini bisa ditambah hingga 50. Untuk itu, kamu harus mengganti pengaturan tersebut, caranya sebagai berikut:

- Klik Start > Run > ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) untuk membuka Registry Editor.
- Klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ LanmanServer \ Parameters.
- Di folder Parameter tersebut, klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50.
- Jika file tersebut tidak ditemukan, buat file DWORD baru dengan klik kanan, New, DWORD Value. Buat dengan nama “IRPStackSize” dan Value nya 50.
- Klik OK, dan tutup Registry Editor.
- Restart komputer.

5. Memilih Kanal dengan Penggunaan Terendah
Salah satu masalah yang juga sering di jumpai terkait lambatnya koneksi WiFi adalah kesalahan pemilihan “kanal”. Sinyal WiFi berjalan melalui kanal-kanal yang ada di ruang terbuka. Jika pada suatu kanal ada berbagai macam sinyal yang berjalan, sinyal akan menjadi tumpang tindih dan dapat mengganggu satu sama lain. Pada akhirnya akan terjadi data loss dan sinyal harus di rebroadcast, yang akan berujung pada penurunan kecepatan internet kamu.

6. Gunakan Software untuk Analisis WiFi
Kamu bisa menggunakan software WiFi Analyzer gratis seperti free inSSIDer utility untuk melihat kanal mana dengan penggunaan paling banyak. Setelah kamu mengetahui kanal mana yang dapat kamu gunakan, kamu bisa mengatur kanal pada pengaturan router yang kamu gunakan.

7. Periksa Posisi Antena Router
Posisi antena router bisa menentukan kecepatan koneksi internet. Untuk itu, sebisa mungkin pastikan antena router dalam keadaan berdiri. Karena pada posisi ini, router bisa lebih efektif dalam memancarkan sinyal internet ke berbagai perangkat yang kamu gunakan.

8. Cek Kecepatan Internet
Saat koneksi internet WiFi lemot, kamu harus ketahui apa masalahnya. Salah satunya, yaitu dengan mengecek kecepatan internet WiFi kamu. Jika koneksi internet kamu terhambat namun sama sekali tak menemukan masalah pada rotuer, kemungkinan besar internet lemot adalah dari penyedia layanan internet itu sendiri.

9. Seberapa Kuat Sinyal WiFi
Selain kecepatan internet, kamu juga harus periksa seberapa kuat sinyal yang dipancarkan oleh router WiFi kamu. Untuk memeriksanya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi khusus untuk cek keuatan sinyal WiFi, seperti NetSpot, Wireshark, Amped, Cloudcheck, dan lainnya.
Pastikan sinyal WiFi berada di kisaran -60 decibel-milliwatts (dBm) hingga lebih -50 dBm atau di atasnya. Jika di bawah -70 dBm, sinyal yang dipancarkan terlalu lemah dan tak mampu memberikan koneksi internet yang baik.

10. Gunakan Router yang Lebih Bagus
Jika semua cara di atas telah kamu lakukan satu per satu namun tetap gagal, kemungkinan besar akar masalahnya ada pada router itu sendiri. Mungkin usia router milikmu sudah cukup lama atau telah mengalami kerusakan hingga performanya menurun. Bisa jadi juga kamu menggunakan perangkat kelas low-end.
Untuk itu, pastikan router kamu punya kualitas yang bagus. Dan, jika tidak, mengeluarkan sedikit uang untuk membeli router baru dengan kualitas yang lebih baik akan sangat membantu kamu dalam memastikan sinyal internet di rumah selalu lancar dan cepat.

Itulah tadi beberapa cara mempercepat koneksi WiFi yang dapat kamu coba dengan mudah. Kamu bisa praktikkan semuanya agar koneksi internetmu jadi lebih kencang dan meningkatkan produktivitas.

Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Komputer"