Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBERSIHKAN UJUNG SOLDER

Hallo sobat, apa kabar semua…??? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat, dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin
Salah satu alat reparasi khususnya reparasi elektronik yang wajib di miliki oleh tukang reparasi elektronik yaitu solder, karena tanpa alat ini tukang servis elektronik maupun tukang rakit elektronik pastinya akan kesulitan dalam mencabut komponen elektronik maupun memasang kembali komponen elektronik. Kalau asal cabut komponen elektronik tanpa menggunakan solder bisa saja, tetapi bisa merusak PCB.
Dengan perkembangan jaman seperti sekarang ini, solder listrik sekarang sudah bermacam-macam bentuk, ukuran dan watt nya. Untuk standar watt yang di gunakan untuk menyolder komponen elektronik seperti IC dan komponen elektronik lainnya bisa menggunakan solder listrik 40 watt, tidak seperti jaman dahulu ketika saya belajar ketrampilan elektronik di SMP yang saat itu listrik PLN belum masuk jadi saat praktek penyolderan masih menggunakan solder bakar.

Mata Solder terbuat dari Tembaga yang dapat mengantarkan panas dengan baik dan dilapisi oleh lapisan tipis besi untuk mencegah terjadinya erosi Tembaga. Mata Solder yang teroksidasi tidak dapat menghantarkan panas dengan baik dan juga tidak dapat mencairkan/melelehkan timah solder. Mata Solder dapat mengalami Oksidasi pada suhu yang tinggi saat kita melakukan proses menyolder. Mata Solder perlu dilindungi dari korosi dengan memberikan sedikit lapisan solder yang berisi Timah

Proses menyolder merupakan proses yang sangat penting dan paling sering di jumpai dalam praktek elektronik. Kualitas penyolderan sangat mempengaruhi kualitas akhir dari sebuah produk elektronik, maka dari itu kita harus bisa mengetahui cara menyolder dengan benar dan memelihara atau merawat peralatan dan perlengkapan yang di gunakan untuk menyolder, diantaranya adalah kondisi kebersihan dan kelayakan penggunaan mata solder atau disebut juga dengan Soldering Tip, karena jika mata solder kotor atau menghitam bisa mempengaruhi hasil / kualitas dari penyolderan dan bahkan bisa menghambat pekerjaan karena mata solder kotor jadi panas pada mata solder berkurang dan timah/tenol jadi lama meleleh/mencair dan menempel pada papan PCB dan kaki-kaki komponen elektronik, maka dari itu perlu memperhatikan kebersihan dari mata solder dan jika sudah kotor perlu dibersihkan.

Saya rasa semua tuser sudah punya cara-cara sendiri untuk membersihkan atau mengatasi mata solder yang kotor, akan tetapi tidak ada salahnya saya akan sedikit memberikan cara maengatasi mata solder yang kotor menggunakan alat-alat yang sering kita jumpai di rumah.

Berikut diantaranya cara membersihkan ujung solder yang kotor :

1. Menggunakan Gondorukem
Bentuknya seperti kemenyan, banyak di jual di toko alat bangunan biasanya untuk campuran plitur, kalau di tempat saya namanya gondorukem, ini bisa di gunakan untuk membersihkan mata solder yang kotor, caranya ketika solder sudah panas, usap-usapkan atau tusuk-tusukkan mata solder pada gondorukem.

2. Menggunakan Kertas Tebal
Saat solder panas, usapkan ujung solder pada kertas yang tebal atau tusuk-tusukan sehingga kotoran yang menempel pada mata solder bisa jatuh, karena biasanya sisa-sisa timah atau sisa cairan yang keluar dari timah saat mencair menimbulkan kotor pada ujung solder

3. Menggunakan “Copper Curl” atau “Cleaning Wire”
Copper Curl misalkan tidak ada bisa menggunakan Cleaning Wire yang biasa di gunakan ibu-ibu untuk membersihkan/menghilangkan kotoran pada panci, wajan dan peralatan dapur yang lain, ini bisa di gunakan untuk membersihkan ujung solder yang kotor, caranya usap-usapkan ujung solder saat masih panas pada cleaning wire, sehingga sisa-sisa timah/tenol maupun kotoran yang lainnya bisa lepas.

4. Menggunakan Kwas
Kwas yang biasa di gunakan untuk mengecat bisa juga digunakan untuk membersihkan ujung solder yang kotor, caranya panaskan solder kira-kira sudah bisa untuk melelehkan timah, sapu/usap ujung solder menggunakan kwas

Sebenarnya masih banyak cara untuk membersihkan mata solder yang kotor, dan cara di atas diantaranya. Dan sara rasa rekan tuser sudah punya cara sendiri, dengan caranya masing-masing.
Ok cukup sekian dulu pembahasan kali ini mengenai cara membersihkan mata solder yang kotor, apabila ada salah kata atau tulis dalam pembahasan di atas, saya mohon maaf karena saya masih belajar. Terima kasih semoga bermanfaat. Aamiin

Posting Komentar untuk "CARA MEMBERSIHKAN UJUNG SOLDER"