Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Nasi Dalam Magic Com / Magic Jar Cepat Basi


Bagi ibu-ibu jaman now / jaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan salah satu perlengkapan dapur yang satu ini yaitu magic com ataupun magic jar. Magic com inilah salah satunya yang meringankan pekerjaan ibu-ibu di dapur untuk memasak nasi, karena dengan memasak nasi menggunakan magic com ibu-ibu tidak repot mengawasi / mengamati nasi sudah matang apa belum, krn memasak nasi menggunakan magic com apabila nasi sudah matang secara otomatis saklar otomatis akan berpindah ke bagian elemen penghangatan atau magic jar agar nasi selalu dalam kondisi panas/hangat, sehingga ibu-ibu bisa sambil mengerjakan pekerjaan dapur yang lainnya misalkan memasak sayur dan yang lainnya.

Apa bila nasi dalam magic jar sudah masak, tetapi nasi di dalamnya cepat basi, tentutunya bisa membuat bingung / repot ibu-ibu karena harus masak lagi. Apabila ada yang mengalami hal seperti itu, ada beberapa penyebab kenapa nasi dalam magic com maupun magic jar cepat basi, diantaranya sebagai berikut :

1.    Tutup magic com tidak rapat.
Terkadang kita lupa menutup atau memang tutup magic com sudah agak rusak sehingga kalau di tutup masih ada lubang, sehingga udara dari luar masuk yang menyebabkan suhu dalam magic com menjadi dingin. Cara mengatasinya yaitu dengan menutup rapat magic com atau misal tutup sudah agak rusak bisa diperbaiki dahulu.

2.    Lubang uap magic com tersumbat
Pada atas  magic com biasanya terdapat lubang uap yang fungsinya mengeluarkan uap panas yang di timbulkan dari proses memasak maupun menghangatkan nasi. Seandainya ini terjadi maka kondisi nasi yang ada dalam magic com akan cepat basi karena uap didalam tidak bisa keluar sehingga udara atau suhu yang di dalam menjadi lembab. Cara memperbaikinya yaitu dengan cara membersihkan lubang uap tersebut.



3.    Elemen pemanas / penghangatan tidak berfungsi / putus
Terdapat beberapa elemen pemanas pada magic com yaitu pada bagian bawah dan tutup. Dan untuk masalah yang terjadi jika penyebab nasi basi dalam magic com adalah karena elemen pemanas / penghangat yang terletak di tutup sudah rusak atau mati, dan apabila ini terjadi maka suhu dalam magic com tidak normal sehingga menimbulkan banyak air pada tutup yang disebabkan dari uap nasi dan jatuh ke nasi sehingga menyebabkan nasi basi. Cara memperbaikinya yaitu pengecekan pada saklar otomatis dan pengecekan pada thermo fuse, apabila kedua komponen ini tidak konek/nyambung coba ganti dengan yang baru. Pengecekan juga pada bagian elemen itu sendiri, pengecekan bisa menggunakan multitester, apabila pada pengecekan elemen, elemen tidak nyambung berarti elemen putus, harus mengganti elemen pemanas yang ada pada tutp dengan yang baru. Itulah beberapa penyebab nasi dalam magic com basi, dengan demikian kita bisa tau cara mengatasinya atau memperbaikinya.  Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Penyebab Nasi Dalam Magic Com / Magic Jar Cepat Basi"