Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pemecahan Masalah Printer

aflahsentosa.com - Panduan pemecahan masalah printer. Jika Anda memiliki masalah printer dan butuh bantuan memperbaikinya, sebelum di bawa ke tempat servis printer, alangkah baiknya ikuti langkah-langkah umum berikut:

1. Coba kerjakan sendiri sebelum di bawa ke tempat servis printer, misalkan bisa jadi hal ini bisa menghemat biaya
2. Baca buku printer problem guide jika kertas tidak keluar ketika mencoba untuk mencetak
3. Baca panduan masalah kualitas cetak yang berhubungan dengan kualitas
4. Pencarian bantuan lewat internet sesuai merk printer.
5. Posting masalah Anda ke forum yang didedikasikan khusus masalah komputer dan printer.
6. Kunjungi website produsen printer Anda untuk kemungkinan menyelesaikan dan solusi masalah Anda sesuai model printer Anda! Pembuat printer Anda mungkin memiliki forum atau bagian Q & A yang mungkin membantu Anda melacak masalah Anda.
7. Juga, adalah garansi masih berlaku? Hubungi reseller Anda untuk instruksi bagaimana untuk kembali printer Anda untuk perbaikan.
8. Hubungi perusahaan dan layanan perbaikan printer, apabila sudah kita tangani tetapi tidak berhasil!
Panduan pemecahan masalah printer

PRINTER PROBLEMS TROUBLESHOOTING GUIDE
Apa jenis masalah printer yang Anda saat ini memiliki? Ada 4 masalah utama printer yaitu macet secara mekanik, printer tidak bekerja, kualitas cetakan dan masalah catridge. Untungnya, cukup banyak masalah printer yang dapat diselesaikan secara independen dari merek dan model printer beragam dengan melalui langkah demi langkah analisis. Silakan amati pertanyaan di bawah ini dan perbaiki setiap masalah yang Anda temukan.

1. Apakah Anda baru saja membuat perubahan terbaru pada printer?
Apakah Anda membuat perubahan baru pada printer Anda atau dalam pengaturan printer? Jika hal ini terjadi, silakan mencoba untuk membalikkan apa yang telah Anda lakukan sebelum melanjutkan karena ini bisa dengan mudah memecahkan masalah Anda saat ini.

2. Apakah printer Anda memiliki kegagalan power?
Apakah Anda memeriksa bahwa masalah printer Anda tidak disebabkan oleh kegagalan power? Sebuah printer yang diaktifkan biasanya memiliki lampu indikator hijau menyala. Jika lampu hijau tidak nyala, periksa tombol power Anda, pastikan listrik di outlet kabel ada dan tersambung pada kedua ujungnya. Jika sudah memeriksa listrik anda yakin baik tetapi printer masih tidak menunjukkan aktifitas, bisa jadi bahwa printer Anda memiliki masalah serius dan Anda perlu menghubungi pembuat printer Anda. Pertama-tama, baca yang diberikan untuk masalah ini di buku manual printer sebelum melanjutkan menghubungi pabrik printer Anda.

3. Apakah kabel printer Anda mengalami kegagalan?
Printer tidak akan mencetak jika tidak terhubung ke komputer. Periksa bahwa kabel printer Anda dan pastikan bahwa printer tersambung ke komputer dengan erat pada kedua ujungnya. Termasuk periksa kabel yang terhubung ke stopkontak.

4. Apakah lampu indikator menunjukkan adanya masalah?
Apakah printer Anda memperlihatkan lampu indikator warna lain selain hijau (oranye atau merah misalnya) atau lampu indikator berkedip-kedip? Periksa manual printer Anda untuk indikasi warna yang berkedip dan maknanya. Setiap model printer telah mengatur sendiri kode warna peringatan dan masalah spesifik yang diisyaratkan.

5. Apakah Anda mencetak ke printer yang benar?
Pastikan bahwa Anda mencetak ke printer yang benar, jika ada beberapa printer yang tersedia. Bisa jadi bahwa printer tidak mencetak jika printer default telah berubah atau jika Anda mencoba untuk mencetak ke printer virtual misalnya PDF printer.

6. Apakah printhead terhambat dalam bekerja?
Printhead harus dapat bergerak bebas. Buka penutup pada printer dan periksa apakah tidak ada kertas yang menghambat gerakan printhead. Pastikan gerakan printhead sangat leluasa.

7. Apakah masalah kehabisan kertas atau apakah masalah kertas macet?
Pastikan suppy kertas Anda tidak kosong, hampir kosong atau terlalu penuh sehingga macet. Semua kondisi ini dapat menyebabkan masalah printer Anda karena mekanisme pengambilan kertas tidak akan beroperasi sempurna. Apakah Anda memiliki ukuran kertas yang benar? Periksa manual printer Anda untuk rentang ketebalan dan ukuran kertas. Jika Anda mencetak di lingkungan lembab, kertas Anda mungkin lembab.

Hal ini dapat menghambat mekanisme gerakan kemacetan kertas kertas di printer. Periksa bagian dalam printer, mungkin ada kertas macet dalam pencetakan
yang menyebabkan printer tidak bekerja. Harap dicatat bahwa Anda mungkin perlu untuk membuka pintu penutup atas printer untuk memverifikasi bahwa tidak ada kertas yang macet. Selalu tarik kertas dalam arah jalur kertas, jika Anda menarik kertas mundur Anda mungkin merusak printer.

8. Apakah tinta atau toner kosong?
Tinta cartridge atau toner cartridge printer harus terdeteksi oleh printer yang kemudian mengisyaratkan ini dengan lampu indikator berkedip hijau menyala. Jika cartridge kosong, tukar cartridge kosong dengan yang baru. Anda dapat menemukan cartridge printer baru yang sesuai dengan model printer Anda dalam tinta toner di toko yang menjualnya.

9. Apakah printer Anda terhubung ke jaringan?
Apakah printer Anda terhubung langsung ke komputer atau melalui jaringan? Jika terhubung ke jaringan, periksa administrator jaringan Anda bahwa koneksi jaringan dan pengaturan jaringan adalah benar. Lampu indikator jaringan pada printer Anda (di sebelah soket jaringan) biasanya harus berkedip dengan warna hijau.

10. Apakah Anda memeriksa antrian printer?
Periksa antrian printer agar tidak terjebak yang menyebabkan masalah printer. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, membuka terlalu banyak dokumen untuk diprint bisa menyebabkan kemacetan printer. Sebaiknya selesaikan satu lalu menyusul yang lain.

11. Jika tidak ada yang membantu sejauh ini, bisa minta bantuan dari orang lain / teknisi bidang perbaikan printer (Mesin cetak)

Demikian diantaranya Panduan pemecahan masalah printer dan percetakan, semoga bisa menjadi referensi teman-teman yang mempunyai printer sendiri / aktifitas dibidang percetakan.

Posting Komentar untuk "Panduan Pemecahan Masalah Printer"