Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Penggunaan VPN Gratis


Bebas Hambatan sih, Tapi Pejuang VPN Perlu Waspada 4 Konsekuensi Pakai VPN Gratisan

VPN itu apa sih?

Buat yang belum tahu, VPN adalah sebuah perluasan jaringan virtual pribadi di jaringan publik internet yang kita gunakan. Karena sifatnya yang privat tersebut, VPN memungkinkan bertukar sumber daya secara privat melalui jaringan internet publik tanpa terganggu. Sederhananya, VPN adalah jaringan yang lebih aman dibandingkan dengan koneksi internet biasa.

Nah, VPN, ini sering dipakai banyak orang ketika melakukan akses internet yang jaringannya terganggu. Seperti baru-baru ini misalnya, pemerintah sedang melakukan pembatasan informasi pada sosial media yang membuat koneksi di beberapa platform sosmed jadi nggak stabil. VPN menjadi salah satu opsi masyarakat untuk menyikapi hal tersebut karena terbukti dapat membantu. Tapi meskipun disebut lebih aman, ternyata ada pakai VPN ada risikonya juga lo, simak yuk!

1. Ternyata VPN tanpa kita sadar menyerahkan data pribadi kita ke pihak ketiga lo, serem banget kalau nggak hati-hati!

Prinsip cara kerja VPN itu seperti proxy server, jadi ketika kita menyambungkan ponsel kita dengan jaringan yang diidentifikasi sebagai VPN. Maka secara otomatis data dan segala aktivitas yang ada dalam ponsel kita terekam melalui jaringan tersebut.

Sebenarnya bukan menjadi suatu masalah ketika pengaksesan data dari ponsel kita meminta ijin terlebih dahulu kepada user-nya. Yang menjadi masalah adalah ketika data dan aktivitas ponsel kita terekam tanpa terlebih dahulu meminta ijin kepada kita selaku user-nya, dan itu seringkali terjadi pada VPN yang bersifat gratisan.

2. Kalian pernah nggak ketika pakai VPN gratisan terus tiba-tiba muncul iklan website yang kita nggak tahu dari mana? Itu tandanya VPN mu berbahaya!

Untuk sobat-sobat pemakai VPN gratisan pasti pernah nih mengalami hal ini. Lagi enak-enak chatting kemudian muncul iklan, atau pas lagi browsing tiba-tiba halamannya dialihkan ke halaman lain. Itu adalah salah satu tanda bahwa VPN tersebut juga nggak aman lo. Nggak cuma itu, ponsel kalian akan berubah menjadi lemot setelah muncul iklan-iklan tadi.

3. Data pribadi kalian nggak cuma hanya akan diketahui oleh pihak ketiga, tapi juga akan dijual, nah lo!

Selain data dan kepentingan pribadi kalian yang tersimpan di dalam ponsel akan diketahui oleh pihak ketiga, ternyata tanpa sepengetahuan kita, data kita tersebut nantinya akan dijual lo. Pernah nggak kalian dengar kasus yang tiba-tiba kartu kreditnya mendapat banyak tagihan padahal sebelumnya nggak dipakai untuk transaksi apapun. Nah, itulah salah satu efeknya, serem banget kan, ya!

4. Penyebaran malware dalam waktu super singkat, duh waspada deh pokoknya!
Salah satu bahaya penggunaan akses VPN gratisan adalah penyebaran malware ke dalam gadget kita. Setelah kita menyambungkan jaringan kita dengan VPN, ribuan bahkan jutaan malware akan masuk dalam sistem kita dengan waktu yang hanya sekejap. Efeknya? perangkat lunak dalam gadget kita jadi terserang yang akan berujung tidak dapat mengerjakan tugasnya, menjadi lambat, dan semacamnya.

Serem banget kan ternyata konsekuensi penggunaan VPN gratisan ini, dan bahkan sampai sekarang nggak banyak orang yang tahu lo. Meski beberapa hari ini VPN bakal jadi penyelamat untuk berkomunikasi dan berselancar di dunia maya, yuk sama-sama menyebarkan informasi penting ini!