Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGATASI HP MATI TERKENA AIR


Hallo apa kabar sobat…? Semoga lagi yang terbaik. Aamiin
Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara mengatasi apabila HP mati terkena air / terendam air di saku baju/celana yang mau di cuci / karena tidak sengaja jatuh masuk ke genangan air atau kehujanan maupun HP sedang untuk mainan anak-anak terus dengan sengaja di masukkan kedalam air, seperti contoh kasus HP kakak saya lagi untuk mainan anaknya lalu di masukkan ke dalam mangkok berisi kuah mie instan yang menyebabkan HP konslet jadi mati.



Apabila ada yang mengalami seperti contoh kasus di atas HP mati karena terendam air atau terkena air dan menyebabkan HP mati krn konslet, untuk menghindari HP konslet tambah parah, alangkah baiknya kita lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1.    HP Jangan langsung di nyalakan
Apabila HP yang terendam air setelah di angkat terus langsung di nyalakan, hal ini bisa menyebabkan HP bisa tambah konslet parah karena adanya air yang masuk ke dalam HP belum kering dan jadi penghubung antar komponen elektronik / sparepart pd HP dan apabila HP di ON ada aliran listrik dari batre, rangkaian elektronik HP jadi konslet.

2.    HP Segera di keringkan
Apabila HP terendam air, segera keringkan bagian HP yang basah dengan menggunakan kain yang mudah meresap air, HP bisa di buka di angin-anginkan maupun bisa di hangatkan menggunakan hair drayer maupun blower ataupun bisa di jemur

3.    Dimasukkan/benam ke dalam beras
Hal ini mungkin di anggap aneh, tetapi perlu di ketahui bahwa beras mempunyai daya serap air yang bagus. Apabila langkah 1 dan 2 di atas sudah kita kerjakan untuk mengeringkan bagian dalam HP tanpa harus membongkar mesin HP/mainboard, krn tidak semua orang bisa bongkar HP krn keterbatasan peralatan maupun pengetahuan, kita buka tutup casing belakang dan cukup lepas batre, memori card, sim card. Apabila batre HP nya termasuk HP tanam yang tidak bisa di lepas, sudah menjadi satu dengan body HP, cukup buka tutup casing belakang, sim card dan memori card dan langsung masukkan/benamkan ke dalam beras selama 2-3 hari. Agar HP benar-benar kering setelah kita lakukan langkah 1 – 3 di atas, sebaiknya jangan kita nyalakan dulu, tunggu beberapa hari sambil di angin-anginkan. Apabila di rasa sudah benar-benar kering. HP coba di nyalakan/ON.
Walaupun pernah ada yang berhasil dengan langkah-langkah di atas, tetapi langkah-langkah yang saya sampaikan di atas tidak menjamin 100% bisa berhasil, tetapi tidak ada salahnya kalau mencoba toh nyaris tidak memerlukan biaya, misalkan berhasil bisa menghemat anggaran krn tidak harus bawa ke tukang servis HP.
Demikian langkah-langkah cara mengatasi HP yang terkena/terendam air, semoga bermanfaat. Apabila ada penulisan yang membingungkan maupun salah kata/penulisan mohon maaf dan mohon masukannya pada kolom komentar maupun Contact Us
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "CARA MENGATASI HP MATI TERKENA AIR"