Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Yang Harus Diperhatikan Dalam Penyolderan Komponen Elektronika


Hallo apa kabar...?
Selamat datang di blog Aflah Sentosa, yang sangat sederhana ini. Sebelum saya menyampaikan pokok pembahasan mengenai langkah-langkah yang perlu diperhatikan sebelum penyolderan komponen elektronika, terlebih dahulu saya menyampaikan terimakasih kepada semua yang telah berkunjung ke blog saya dan menyempatkan membaca artikel yang ada.

Bagi para master servis elektronik maupun yang sudah lama terjun di bidang elektronik, mengenai langkah-langkah cara penyolderan komponen tetntunya sudah paham betul dan tidak bingung dalam pemasangan komponen elektronik pada PCB. Tetapi bagi yang baru belajar elektronik, tentunya cara penyolderan agar hasilnya bagus dan pemasangan komponen pada PCB harus di perhatikan agar tidak salah menempatkan kaki-kaki komponen sesuai dengan kutubnya, misalnya untuk Elco + dan - ataupun Dioda kaki Anoda, Katoda, IC, dsb karena jika pemasangan komponen elektronik untuk kutub / kaki-kakinya terpasang pd PCB terbalik tidak sesuai dengan semestinya bisa tidak fungsi/berbahaya.

Adapun langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam penyolderan adalah sebagai berikut :

1. Pastikan kaki komponen dengan benar

- Pada transistor harus ketahui kaki basis,kolektor dan emitor. Lalu pastikan lubang-lubang pada PCB yang akan dimasuki kaki-kaki transistor. Salah memasukkan/memasang kaki-kaki transistor, maka komponen tidak bisa berfungsi dan perangkat elektronik tidak akan bisa bekerja/tidak bisa di gunakan.

- Pada kondensator / Elco terdapat dua kaki/kutup positif dan negatif. Pastikan mana yang positif dan negatif. Demikian pula lobang-lobang pada PCB, pastikan mana lobang untuk kaki positif dan negatif agar tidak salah pemasangannya, krn jika salah pemasangannya kemungkian ELCO bisa meledak.

- Pada Dioda pun demikian juga harus perhatikan mana kaki Anoda dan Katoda dan pastikan juga lobang pada PCB untuk Anoda dan Katoda agar tidak terbalik pemasangannya.

- Pada pemasangan IC pada PCB harus perhatikan kode maupun tanda yang ada pada IC sesuai kode/tanda yang terdapat pada PCB agar tidak salah pemasangannya/posisinya

- Pada trafo Input, output, MF, oscilator pun pemasangannya harus tepat, perhatikan posisi kaki-kakinya. Dan lain sebagainya


2. Membersihkan kaki-kaki komponen

Sebelum kaki-kaki komponen di masukkan ke lobang PCB mau di solder, kaki komponen yang kotor/berkarat harus dibersihkan terlebih dahulu, dengan menggunakan pisau silet/yang lainnya apabila kaki-kaki komponen berkarat / kooran lain yang membandel dengan cara di kerik agar kotoran yang melekat bisa hilang sehingga tidak menghambat pada proses penyolderan, agar timah bisa menempel dengan baik.


3. Solder harus panas

Solder harus panas, jika tidak panas maka timah tidak bisa meleleh dan melekat pada kaki-kaki komponen maupun papan PCB. Sebelum menyolder, tempelkan timah sedikit pada ujung solder untuk mengetes solder, apakah timah sudah bisa meleleh apa belum, kalau sudah meleleh solder siap di gunakan.
Jika menggunakan solder listrik, pakailah yang berkekuatan standar antara 30 - 40 watt saja, agar tidak terlalu panas.

Demikian langkah-langkah sebelum penyolderan komponen, semoga bermanfaat terutama bagi yang lagi belajar elektronik

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Yang Harus Diperhatikan Dalam Penyolderan Komponen Elektronika"