Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV SUARA MATI TOTAL, GAMBAR NORMAL

Bila menjumpai kerusakan TV seperti ini, tv suara mati total tetapi gambar normal kerusakan pada bagian audio tv, bisa speaker atau IC penguat suara atau bisa juga IC syncron / ocilator pada bagian pengolah sinyal suara.

Langkah - langkah untuk mengatasi kerusakan tv suara mati total, tetapi gambar normal sebagai berikut :


LANGKAH 1
 
Pengecekan menggunakan multitester dengan posisi switch multitester x1 Ohm dilakukan pada speaker. Kabel probe multitester hitam (-) dan kabel probe merah (+) di tempel-tempelkan pada kutub (-) dan kutub (+) speaker harus ada bunyi "KRAK-KRAK", bila tidak maka speaker rusak / spoel speaker putus perlu ganti speaker.


LANGKAH 2

Pengecekan menggunakan multitester dengan posisi switch multitester DCV 50, pengecekan dilakukan pada ELCO yang paling besar pada bagian blog +VCC IC Power amply harus di dapat tegangan DC + 15 Volt. Bila tidak ada tegangan maka resistor pelawan tegangan +VCC power amply putus, krn resistor pelawan tegangan ini berfungsi sebagai fuse


LANGKAH 3

Pengecekan menggunakan jari tangan pada pendingin IC power amply / IC suara. Hidupkan TV kira-kira 5 menit lalu pegang / sentuh pendingin IC suara menggunakan jari tangan, apabila terlalu panas / panas kuat bisa jadi IC suara rusak, perlu ganti yang normal. Apabila ragu takut kesetrum ketika  mau menyentuh pendingin IC suara, setelah kira-kira di nyalakan 5 menit, kabel colokan AC pada TV langsung di cabut.


LANGKAH 4

Pengecekan menggunakan multitester DCMA x250 dilakukan pada input IC Power Amply / IC Suara, yaitu kabel probe hitam (-) multitester sentuhkan pada ground dan kabel probe merah (+) pada kaki-kaki IC, harus ada salah satu yang menghasilkan getaran suara pada speaker bunyi "Drud", bila tidak ada getaran suara, maka IC rusak.


LANGKAH 5

Pengecekan menggunakan multitester DCMA x250 dilakukan pada kaki IC syncron/ IC ocilator yang terhubung pada IC power amply/IC suara bila di urut jalurnya, yaitu kabel probe hitam (-) multitester sentuhkan pada ground dan kabel probe merah (+) pada kaki IC syncron/ocilator dan stel volume maksimal harus di dapat getaran suara, bila tidak ada getran suara bisa jadi resistor / kondensator kopel anatar IC syncron/ocilator dengan IC power amply/IC suara putus.




Posting Komentar untuk "TV SUARA MATI TOTAL, GAMBAR NORMAL"