Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMPERBAIKI FLASDISK RUSAK MENGGUNAKAN LAPTOP/PC


Bagi yang hobby otak-atik komputer, flasdisk bukan barang yang asing lagi. Di era sekarang ini sudah banyak orang yang mengetahui memanfaatkan dari flasdisk, salah satunya sebagai media penyimpanan portabel yang praktis bisa dibawa ke mana saja. Flashdisk mampu menyimpan berbagai macam file, termasuk file penting. Hanya saja terkadang flashdisk rawan kerusakan. Tapi, Anda tak perlu khawatir. Karena ada cara memperbaiki flashdisk yang rusak dengan mudah.

Ada berbagai macam penyebab flashdisk rusak. Biasanya karena flashdisk sering dicabut paksa dari komputer, banyaknya virus dalan flashdisk, atau flashdisk rusak tiba-tiba dan tak dapat diformat ulang. Ada pula flashdisk rusak karena korslet dan biasanya sulit diperbaiki jika rusak karena konslet. Berikut 3 cara memperbaiki flashdisk yang rusak dan bisa Anda coba di rumah.


Cara Pertama

Cara pertama merupakan cara terrmudah untuk memperbaiki flashdisk yang rusak. Pertama, sambungkan flashdisk ke posrt USB PC atau laptop. Kemudian klik menu start, lalu run, dan enter. Ketikkan “compmgmt.msc”. Akan muncul jendela program compmgmt, klik program tersebut.
Dalam program tersebut akan ada beberapa menu, pilih menu Storage yang ada di tengah. Kemudian klik menu Disk Management. Flashdisk Anda akan kembali normal. Kemudian klik kanan dan pilih Fornat.
Memfornat flashdisk akan membuat isi flashdisk hilang. Jika Anda ingin memfornat flashdisk, sebaiknya Anda memback up data sebelum diformat.


Cara Kedua

Cara ini juga merupakan salah satu cara memperbaiki flashdisk yang rusak dengan mudah. Pertama, sambungkan flashdisk ke PC atau laptop. Buka menu Control Panel dan klik Add Hardware. Lalu, klik Next dan “Yes, I have already connected the hardware”. Jika flashdisk telah terdeteksi, maka akan muncul menu Autorun. Jika hsl tersebut sudah muncul, maka flashdisk Anda sudah bisa digunakan kembali.


Cara Ketiga

Cara ketiga ini menggunakan tools HDD Low Level Fornat. Caranya cukup dengan mengunduh HDDGURU Low Level Format. Tools ini bisa digunakan pada Windows Vista/7/8. Instal tools ini dan pilih USB.

Cara ini tergolong cara ekstrem untuk memperbaiki flashdisk yang rusak. Tetapi juga sangat ampuh agar flashdisk dapat berfungsi kembali. Setelah selesai dengan langkah tersebut, Anda bisa memformat flashdisk dan flashdish akan kembali normal.

Ketiga cara memperbaiki flashdisk yang rusak di atas bisa Anda coba sendiri di rumah. Jika cara tersebut masih belum bisa normal, Anda bisa mengulanginya seperti langkah di atas.




Posting Komentar untuk "CARA MEMPERBAIKI FLASDISK RUSAK MENGGUNAKAN LAPTOP/PC"