Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MERAWAT KOMPUTER / LAPTOP AGAR TIDAK CEPAT RUSAK


Kegunaan komputer dalam berbagai macam pekerjaan dan tugas memungkinkan anda untuk terjangkit penyakit jika tidak benar-benar menjaga komputer milik anda di rumah, hal ini di karenakan dalam perangkat komputer ada banyak sekali yang perlu di perhatikan baik kebersihan dan perawatannya.
Berikut ini akan di berikan beberapa tips agar komputer yang ada di rumah anda bisa awet dan tidak mudah rusak

1.    Bersihkan perangkat komputer
Sering kali anda tidak memperhatikan beberapa debu yang dengan mudahnya hinggap di komputer anda, misalnya saja keyboard salah satu perangkat yang paling sering menjadi sarang debu. Untuk itulah bersihkan secara rutin selama 6 bulan sekali / sekiranya sudah kelihatan kotor banyak debu dengan menggunakan kuas khusus atau bahan lainnya.

2.    Periksa kondisi baterai
Sering kali anda tidak mengetahui apakah komputer milik anda dalam kondisi hidup ataupun mati, maka anda perlu sekali untuk mengecek baterai CMOS jika sewaktu-waktu komputer anda terlalu lama tidak di gunakan bisa memungkinkan bahwa baterai komputer anda kosong.

3.    Perhatikan kondisi ruangan
Anda perlu sekali untuk memperhatikan apakah kondisi ruangan anda cocok untuk di gunakan menyimpan komputer karena suhu yang terlalu panas dalam sebuah ruangan tidak di perkenankan untuk di jadikan tempat menyimpan komputer, maka dari itu perhatikan apakah ruangan anda cocok untuk menyimpan komputer atau tidak.

4.    Jauhkan dari benda cair
Yang paling sering di lakukan biasanya adalah membawa makanan atau minuman di dekat komputer, hal ini bertujuan juga agar anda tidak perlu susah payah beranjak dari tempat anda duduk dan menggunakan komputer, namun menjauhkan benda cair dari dekat komputer merupakan tindakan yang baik.

5.    Matikan sesuai prosedur
Mematikan komputer sesuai dengan prosedur juga merupakan salah satu pilihan yang tepat, jangan sampai anda membiarkan orang yang masih awam menggunakan komputer atau anak-anak mematikan komputer dengan asal karena bisa mempengaruhi sistem komputer tersebut.

6.    Hindari peletakan barang di atas komputer
Barang yang telalu berat tidak di anjurkan di letakkan di atas komputer demi menjaga komputer agar awet dan bisa di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Posting Komentar untuk "CARA MERAWAT KOMPUTER / LAPTOP AGAR TIDAK CEPAT RUSAK"